Makanan adalah sumber energi dan juga nutrisi yang kita butuhkan sehari-hari. Tubuh kita juga membutuhkan suplai kalori dan juga nutrisi yang bahkan berkelanjutan supaya dapat berfungsi dengan tepat.

Oleh sebab itu, pilihan makan yang memang sangat tepat adalah hal yang memang penting untuk tubuhmu bekerja dengan layak. Pilihan makanan yang seimbang dapat membuat tubuh bisa bekerja secara tepat bahkan membuat kesehatan terjaga.

Makanan yang memang sehat dan juga bersih ialah hal yang sangat penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Pilihan makanan yang juga salah bisa berdampak kepada kesehatanmu baik pada jangka pendek ataupun panjang.

Tapi pada kondisi tertentu, kadang setelah mengonsumsi makanan yang tepat, perutmu juga masih tetap bisa mengalami masalah. Rasa tak nyaman yang biasa muncul ini ialah perut kembung atau munculnya rasa nyeri.

Jika kamu telah mengonsumsi makanan yang tepat, masih terdapat alasan yang menyebabkan terjadinya rasa tidak nyaman di perut setelah makan. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang dapat menjadi penyebab munculnya rasa tidak nyaman setelah makan.


Tanpa kamu sadari, stres dapat menjadi penyebab anda mengalami rasa tidak nyaman setelah makan. Kondisi stres yang anda alami ini juga memiliki dampak yang memang sangat besar pada fungsi pencernaan.

Ketika anda sedang stres, tubuhmu pada kondisi waspada sehingga detak jantung meningkat dan otot menjadi kaku. Lebih lanjut, hal ini juga bisa berujung peradangan usus, asam lambung, dan masalah perut.

Virus di Perut

Adanya virus di perut adalah alasan lain kenapa seseorang merasa tidak nyaman dan juga sakit setelah makan. Hal ini biasanya disebut sebagai flu perut.

Penyakit ini juga menginfeksi organ pada tubuh dan memicu berbagai gejala seperti muntah, mual, dan diare. Penyakit ini juga dapat menular ketika anda dekat dengan orang lain yang juga mengalaminya atau setelah mengonsumsi makanan dan minuman.

Kurang Mengunyah Makanan

Menelan makanan tanpa mengunyahnya dengan cukup dapat berujung pada masalah pencernaan. Pasalnya, proses pencernaan yang juga baik sebenarnya harus sudah mulai dilakukan dari mulut.

Air luar kita mengeluarkan enzim juga sebelum kita mulai menggigit makanan. Ketika kita mengunyah makanan, air liur akan melembutkannya supaya dicerna lebih gampang pada saat berada di perut. Kurang mengunyah makanan bisa menimbulkan sakit perut dan kembung.


Rasa tak nyaman dan sakit di perut setelah makan juga bisa terjadi karna sensitif kepada makanan. Sensitivitas kepada makanan dapat membuatmu merasa kembung dan juga sering buang angin.

Setiap kali hal ini terjadi, perhatikan dan juga catat makanan yang anda konsumsi sebelumnya. Hal ini juga bisa membuatmu tahu makanan apa yang menimbulkan rasa sensitif kepada dirimu.

Sejumlah hal itu bisa saja menjadi penyebab munculnya rasa tidak nyaman dan jugaa sakit setelah kamu makan. Perhatikan sejumlah hal ini supaya anda tak mengalami masalah lebih lanjut.