Masalah tekanan darah tinggi atau juga hipertensi adalah sebuah masalah yang banyak dialami. Banyak juga orang yang mengandalkan obat-obatan untuk harus menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Masalah darah tinggi yang anda alami ini memang sangat penting diperhatikan karna berhubungan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Menderita masalah tekanan darah tinggi juga dapat membuat seseorang berisiko mengalami risiko komplikasi kesehatan. Jika begitu, ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan supaya menjaga tekanan darah tanpa harus menggunakan obat.

Sejumlah cara ini dapat dengan mudah untuk anda lakukan sehari-hari untuk kesehatan. Dilansir dari The Health Site, berikut ini sejumlah cara efektif untuk menjaga tekanan darah tanpa harus dengan menggunakan obat.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat jantung lebih sehat sehingga bisa mengurangi tekanan pada arteri. Berolahraga pada kadar sedang bisa bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Pastikan berjalan setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengatasi masalah ini.


Kegemaran kita menyantap makanan olahan sudah menyebabkan tingginya konsumsi sodium yang berujung tekanan darah tinggi. Oleh karna itu disarankan supaya membatasi makanan ini juga asupan sodium pada tubuh. Di sisi lain, juga sangat banyak konsumsi potassium untuk menurunkan tekanan darah.

Perhatikan Stres

Peneliti mengungkap jika stres memiliki hubungan yang memang sangat kuat dengan tingkat gula darah. Ketika anda sedang stres, terdapat beban ekstra yang ditanggung oleh tubuh. Menenangkan tubuh dapat membantumu menjaga tekanan darah pada kadar yang tepat dan juga aman.

Kurangi Konsumsi Kafein

Secangkir kopi yang anda minum dapat meningkatkan tekanan darah seseorang secara instan. Jika begitu, minuman ini disarankan untuk mereka yang memiliki tekanan darah yang juga rendah. Dalam jangka panjang, kopi dapat membantu menjaga kesehatan jantung tapi menyebabkan peningkatan tekanan darah dengan sangat cepat.


Alat untuk mengetes tekanan darah atau juga tensi adalah salah satu hal yang sebaiknya dimiliki orang-orang dengan masalah tekanan darah. Usahakan cek tekanan darah dengan setiap hari, dua kali sehari jika memungkinkan. Hal ini juga dapat membantu anda menjaga kadar tekanan darah pada jumlah yang tepat.

Seluruh hal ini juga bisa menjadi cara yang memang efektif supaya menjaga tekanan darah pada ambang normal. Lakukan sejumlah hal itu terutama jika anda ingin menjaga kadar gula darah agar tak melonjak dengan drastis.