Ketika makanan melimpah di hadapanmu, salah satu dari yang biasa kamu lakukan ialah dengan makan paling banyak. Tersedianya makanan lezat dan juga cuma-cuma di hadapanmu ini dapat membuatmu lepas kendali dan jadinya kebanyakan makan.

Semua hal yang sudah terlalu banyak ini tentu tak baik untuk tubuh. Terlalu banyak makan ialah salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah kepada kesehatanmu.

Dilansir dari Insider, makan berlebih dijelaskan oleh Robert Glatter, M.D., asisten profesor di Lenox Hill Hospital, Northwell Health pada dua hal. Seseorang terhitung makan berlebih ketika ia mengonsumsinya di atas kebutuhan tubuh juga di atas batas yang bisa anda konsumsi.

Definisi makan berlebih ini juga sangat subjektif dan tergantung pada tubuh seseorang. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan apakah kamu makan berlebih atau tidak.


Komposisi usia, tubuh, tinggi dan juga berat badan, jumlah kegiatan sehari-hari, pola tidur, serta juga kondisi medis, ialah hal yang bisa dipertimbangkan untuk mengukur apakah anda terlalu banyak makan.

"Seseorang bisa mengukur seberapa jumlah makanan sudah sangat banyak dengan menggabungkan jurnal makanan, kontrol porsi makan, serta juga memperhitungkan kebiasaan makan secara intuisi maupun juga penuh perhitungan," kata pakar diabetes dan kesehatan dari Blue Cross Blue Shield, Michigan, Grace Derocha.

"Taktik ini juga dapat digunakan untuk mempelajari perbedaan dari kamu ketika kenyang atau puas dibanding pada saat lapar dan membantu mengetahui apakah anda makan terlalu banyak," katanya.

Bagaimana Cara Kamu Mengetahui Makan Terlalu Banyak?

Kamu akan tahu jika kamu makan sangat banyak dari sejumlah pertanda yang muncul kepada tubuh. Hal ini juga biasanya terasa kepada gigitan atau suapan terakhir yang bisa dirasakan.

Sebagai contoh, kamu juga bisa tiba-tiba merasa bibir panas jika makanan yang kamu konsumsi tidak pedas. Derocha mengungkap jika rasa panas yang tidak berhubungan ini juga bisa menjadi indikasi yang jelas kamu makan terlalu banyak karna temperatur tubuh meningkat pada saat kamu mengunyah.

Pertanda lain yang muncul ialah pada saat anda butuh beristirahat atau juga melonggarkan celana untuk menghilangkan rasa tidak nyaman ketika makan bisa menjadi pertanda kamu makan terlalu banyak. Tapi bisa jadi tanda kamu makan sangat banyak ini tak muncul secara fisik.

Derocha mengungkap jika pertanda ini dapat muncul dari bentuk lain.

"Jika pikiran untuk menghabiskan makanan di piring atau juga di mulutmu tak tertahankan," kata Derocha.

"Hal ini ialah pertanda bahwa rasa laparmu telah terpenuhi dan juga kamu sekarang akan merasa kenyang," katanya.


Makan Terlalu Dapat Membuat Tubuhmu Akan Bekerja Keras

Lapar mata yang anda alami dapat membuatmu menjadi makan berlebihan dan juga di atas kemampuan perutmu. Makan terlalu banyak ini disebut oleh Derocha akan mengakibatkan sejumlah dampak buruk kepada tubuh.

Makan terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar gula darah karna tubuhmu menjadi bekerja lebih banyak dan juga memproduksi lebih banyak insulin yang dibanding dengan biasanya. Hasilnya, kamu juga dapat mengalami sakit kepala, kelelahan, mudah haus, dan menjadi lesu.

Hal ini juga bisa membuatmu lebih mudah gampang bertambah berat badannya. Kalori dan juga gula darah yang ada di tubuh yang berlebihan ini dapat jadi disimpan di dalam tubuh.

Dampak Makan Terlalu Banyak Kepada Otak

Dijelaskan jika anda makan dengan berlebihan, organ pencernaanmu akan membengkak sehingga muncul kembung, rasa tidak nyaman, asam lambung, dan bahkan mual. Makanan ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama supaya bisa dicerna dan pola tidur begitu juga fungsi otak akan terganggu.

"Penelitian yang terbaru mengungkap jika makan berlebih atau mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dalam jangka panjang bisa mencederai fungsi kognitif," kata Derocha.

"Sejumlah temuan yang termasuk kehilangan memori, kerusakan pada penilaian, dan juga peningkatan materi putih di otak (biasa dihubungkan dengan orang agak tua," katanya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Makan Terlalu Banyak?
Pada saat kamu makan cukup banyak, penting untuk menjaga tubuh secara fisik dan juga mental. Sebaiknya segera pikirkan hal lain dan selanjutnya pilih makanan sehat yang kaya nutrisi untuk makanan pada berikutnya.

Ketika kamu menyadari jika kamu makan sangat banyak, Derocha juga menyarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih juga. Menjaga asupan air pada tubuh ini dapat membantu tubuh mencerna makanan juga membersihkan sistem tubuh dari kelebihan asupan sodium.

Selain ini disarankan juga untuk aktif secara fisik supaya metabolisme bisa terjaga dan dapat membakar lebih banyak kalori. Tapi tentu jangan melakukan olahraga yang terlalu semangat atau keras setelah makan.