Mobil sejuta umat versi kedua kini, yaitu Astra Toyota Calya dan juga Astra Daihatsu Sigra, dipastikan telah memiliki model baru dan akan kembali meluncur di pasar Indonesia hari Senin pekan depan (16/9).

Kedua mobil ini yang masuk di kategori low cost and green car (LCGC) yang berkapasitas tujuh penumpang kini dipastikan mengalami minor change, setelah Merdeka.com menerima undangan press conference model baru untuk kedua mobil ini pada hari ini (9/9).

Menurut undangan itu, New Sigra meluncur lebih dulu ketimbang New Calya hari Senin pagi, pekan depan, tepatnya di satu mal mewah di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Sementara New Calya diluncurkan perkenalkan pada siang hari, di salah satu restoran di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Minor change biasanya terjadi pada bagian eksterior kendaraan. Hal serupa juga terjadi pada New Calya dan Sigra.

Berdasarkan foto-foto yang telah beredar di sosial media, New Astra Toyota Calya juga tampil cukup menarik nampak depannya dengan desain baru di gril dan bemper depan. Desain lampu pada kabutnya juga baru, kali ini cenderung vertikal demi memberi kesan sporty.

Lampu utama nampak sudah menggunakan teknologi LED. Sementara di bagian bodi tak Nampak perubahan. Begitu juga dengan di garis-garis bodinya.

Di bagian belakang, perubahan tak terjadi signifikan. Pada bagian buritan ini, yang baru ialah bagian pembuka bagasi dipasang panel krom. Tampak lebih bergaya.

Untuk saudara kembarnya, Astra Daihatsu Sigra, diperkirakan tak jauh berbeda minor change-nya seperti New Calya.

Di segmen mobil LCGC ini, kedua mobil lansiran Astra International Tbk dan juga mitranya asal Jepang, ini menguasai pasar dengan total pangsa pasar sebanyak 72 persen di periode Januari-Juli 2019. Total penjualan wholesales-nya tercatat 86.149 unit.

Sementara pada tahun lalu, keduanya meraih total pangsa pasar 73 persen dengan penjualan 170.935 unit. Tentu saja Astra Toyota Calya yang paling besar kontribusinya saat itu.