Konsumsi makanan yakni buah dan sayur adalah cara yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga melindungi dirimu dari berbagai masalah kesehatan.

Jika begitu, selain pilihan buah dan sayur, ada hal lain yang perlu anda perhatikan. Cara mengolah dan memasak makanan ini juga dapat mempengaruhi nutrisi di dalamnya.

Proses pengolahan bahan makanan yang salah dapat membuat nutrisi dan juga manfaat di dalamnya akan menghilang. Lebih parahnya, hal ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada dirimu.

Beberapa buah dan sayur yang sehat juga bisa kehilangan manfaatnya jika salah pengolahan. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan sehat dan harus diperhatikan dalam mengolahnya.

Bawang Putih

Ketika akan dibubuhkan menjadi bumbu masakan, kamu biasanya akan menghancurkan bawang putih dan juga kemudian akan mencincangnya. Padahal proses ini juga akan membuat enzim dalam bawang putih yaitu allicin akan menjadi hilang. Allicin sendiri bermanfaat supaya melindungi sistem kardiovaskular tubuh.


Wortel yang memiliki sejumlah nutrisi dan sangat penting untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh asal diolah dengan cara yang tepat. Penelitian menunjukkan jika memotong wortel terlalu kecil akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Kentang

Menggoreng kentang dapat menyebabkan peningkatan berat badan pada saat disantap. Oleh karna itu, ganti saja cara pengolahan dengan merebusnya supaya mengurangi tekanan darah dan mencegah kanker.

Apel

Hindari untuk mengonsumsi apel yang belum matang benar. Tunggu sampai apel berada pada fase matang karena apel yang matang tinggi akan kandungan asam amino dapat berfungsi untuk melawan racun yang ada pada tubuh.


Hindari memasak brokoli dengan cara digoreng karna membuatnya kehilangan nutrisi. Lebih baik kukus brokoli karna akan membuat nutrisinya akan tetap terjaga.

Cara mengolah atau memasak makanan dengan tepat bisa membuat nutrisinya akan tetap terjaga. Keliru mengolah cara memasak dapat membuatnya menjadi bermasalah untuk dirimu pada saat mengonsumsinya.