Persebaya telah menjalani latihan tak seperti biasanya. Ruben Sanadi berlatih dkk. mulai jam 14.00 WIB di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (26/10/2019), pada saat cuaca sedang teriknya.

Mulanya, Persebaya memang akan berlatih di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, pada Sabtu sore hari. Tapi, skuat Bajul Ijo pindah ke Stadion Gelora Delta karna kualitas lapangan yang cukup bagus.

Imbasnya, Persebaya juga memang harus mengalah dengan berlatih pada siang hari. karena, pada sore hari, lapangan digunakan untuk laga ekshibisi antarklub internal Persebaya, yakni Untag Rosita dan Indonesia Muda.

"Kami memang ganti jadwal pada latihan hari ini karna ada lapangan yang tak bisa digunakan. Lapangan Polda kalau untuk latihan taktik agak sulit karna tidak terlalu bagus," kata Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya.

Persebaya juga hanya menjalani latihan ringan dan recovery. Skuat Bajul Ijo tak mengalami kendala, meski juga harus berlatih siang hari. Pikal memang hanya ingin mengembalikan mental bertanding anak asuhnya.

Seperti diketahui, Persebaya juga telah melewati lima laga terakhir di Shopee Liga 1 2019 tanpa ada kemenangan. Situasi internal juga kurang baik karna pemain memang butuh bangkit supaya tak kian terpuruk.

Fokus Mentalitas
Persebaya takluk 0-1 pada saat bertandang menghadapi Persela Lamongan (23/10/2019). Sebelumnya, mereka dipermak dengan skor 1-4 oleh Persib Bandung di laga pekan ke-23 (18/10/2019).

"Kami latihan satu jam 10 menit, semuanya lancar, tak ada masalah. Kami fokus untuk menjaga mentalitas pemain," kata Pikal.

Kini Persebaya dijadwalkan menjamu PSS Sleman dalam pertandingan pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (29/10/2019). Tim Bajul Ijo punya jeda yang cukup untuk menyiapkan laga itu.

"Kami punya lima hari recovery. Alhamdulillah, lebih dari satu hari dari sebelumnya. Tapi, saya tidak mau tahu, kami harus tetap main. Mau empat atau lima hari tidak ada masalah," tutur pelatih berusia 51 tahun tersebut.