Salah satu jenis kopi yang sering dikonsumsi oleh seseorang setiap hari ialah kopi instan. Minuman jenis ini sangat gampang dibuat karna tinggal diseduh saja.

Kemudahan membuat serta harga yang tergolong murah menjadikan minuman ini memang sangat digemari oleh setiap orang. Berbagai merek kopi instan juga ada beredar di pasar dan sangat gampang didapat.

Dalam pembuatannya, kopi instan ini juga sama seperti kopi biasa ketika diseduh. Minuman ini terbuat dari ekstras kopi kering yang juga terbuat dari biji kopi.

Setelah kopi ini diseduh, produsen kopi instan membuang air berlebih dari ekstrak untuk mendapat bubuk. Jika terbuat dari bahan yang sama tapi apa kah kopi instan memiliki manfaat kesehatan yang sama? Dilansir dari Medical Daily, berikut ini sejumlah manfaat dan masalah yang mungkin memang muncul dari konsumsi kopi instan.

Manfaat Kopi Instan


Manfaat kesehatan yang juga dimiliki oleh kopi berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Walaupun lebih terkonsentrasi, kopi instan juga masih mengandung sejumlah antioksidan yang sangat bermanfaat.

Sebuah penelitian menjelaskan jika kopi mungkin mengandung lebih banyak antioksidan dibanding minuman lain. Peneliti juga dapat mengatakan jika satu cangkir kopi instan dapat mengandung potassium, vitamin B3, magnesium juga hanya tujuh kalori.

Lebih Sedikit Kafein

Konsumsi kafein pada jumlah tinggi dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Kamu mungkin mengalami masalah tidur, kurang istirahat, kecemasan, tremor, sakit perut, perubahan detak jantung.

Kopi instan juga menjadi pilihan yang cukup baik untuk seseorang yang ingin mengurangi asupan kafein. Satu sendok teh kopi instan mengandung 30 hingga 90 mg kafein, sedangkan kopi biasa mengandung 70 hingga 140 mg kafein.


Memiliki Lebih Banyak Akrilamida

Akrilamida adalah bahan kimia yang dapat merusak sistem saraf dan juga meningkatkan risiko kanker. Munculnya kandungan kimia ini dapat terjadi ketika kopi sedang dipanggang.

Dibanding kopi biasa, kopi instan mungkin juga mengandung akrilamida dua kali lebih banyak. Tapi untungnya jumlah kandungan kimia di kopi ini masih pada batas aman.


Kafein juga memiliki sejumlah dampak buruk tapi tidak sedikit juga manfaat yang diperolehnya. Dalam jumlah yang tepat, kafein juga mampu memicu kerja otak, meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, dan mengurangi risiko penyakit liver.

Sejumlah manfaat dan juga masalah tersebut dapat kamu peroleh dari segelas kopi yang kamu minum. Pastikan supaya mempertimbangkan sejumlah hal itu supaya terhindar dari masalah kesehatan.