Suporter Timnas Indonesia yang meluapkan kekecewaan setelah tim kesayangan mereka sudah kalah dari Vietnam 1-3 pada laga putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019) malam.

Pertama, mereka juga menyuarakan “Simon Out”. Teriakan ini menggema pada saat Vietnam mampu unggul tiga gol dari Do Duy Manh (26’), Que Hoc Hai (55’-penalti), Nguyen Tien Linh (61’). Semua suporter yang berada di stadion meneriakkanya sebagai wujud protes.

Tidak cuma itu, sebanyak 8.237 penonton yang hadir pada pertandingan ini juga menyanyikan lagu dengan lirik satir kepada Simon McMenemy yang menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

“Sayonara, sayonara, sampai berjumpa pulang. Buat apa Simon? Buat Simon? Simon itu tak ada gunanya.”

Bahkan, mereka juga menyanyikan lagu Gugur Bunga untuk mengheningkan cipta sebagai sindiran karena Timnas Indonesia sering meraih hasil buruk. Kekalahan 1-3 dari Vietnam ini menjadi kali keempat selama beruntun setelah sebelumnya takluk dari Thailand, Malaysia, dan Uni Emirat Arab.

Suporter Garuda tengah melihat tim kebanggannya kembali menelan hasil negatif. Mereka juga kemudian tidak berhenti meneriakkan “Simon Out” sampai pada pertandingan berakhir, bahkan meski Irfan Bachdim juga sempat membalas pada menit ke-84.

Suara suporter Timnas Indonesia juga terdengar sampai media center yang menjadi tempat konferensi pers. Simon McMenemy juga sudah melontarkan komentar terkait pada laga itu dengan nada suara pelan menandakan dengan kondisi tertekan.

Mengadang Bus

Tidak cukup sampai situ, suporter Timnas Indonesia ini juga berusaha mengadang bus yang dikendarai oleh para pemain di depan ruang media center. Pihak keamanan juga meminta bus untuk beranjak dan diikuti oleh suporter.

Mereka juga menunggu lama kehadiran pemain Timnas Indonesia dan juga Simon McMenemy yang akan masuk bus untuk meninggalkan stadion. Nyanyian negatif kepada pelatih asal Skotlandia itu tak berhenti.

Suporter mengadang bus. Pihak keamanan lalu meminta mereka pergi karna bus tersebut akan segera meninggalkan stadion. Beberapa dari mereka juga sudah mengalah.

Hal ini tak membuat pekikan negatif dan juga kumandang lagu cacian berhenti. Beberapa suporter merespons dengan menyalakan flare dan memandang bus bergambar pemain Timnas Indonesia itu pergi.