Untuk banyak orang, makanan yang mereka konsumsi pada setiap hari terutama ketika sarapan biasanya sama. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang juga sama ini dilakukan oleh sejumlah orang.

jika begitu, lebih banyak orang yang berganti-ganti menu makanan setiap harinya. Hal ini juga biasanya mereka lakukan supaya lidah tak bosan dengan makanan yang sama pada setiap harinya.


Sesungguhnya, ada alasan lain mengapa anda harus memiliki menu makanan yang berbeda dalam setiap hari. Alasan kesehatan dan kebutuhan nutrisi ialah sebab utama anda sebaiknya tak mengonsumsi makanan yang sama pada setiap hari.

Terdapat beberapa alasan kesehatan kenapa anda harus mengganti menu makanmu setiap hari. Dilansir dari Times of India, berikut ini sejumlah alasan mengapa sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan yang sama pada setiap hari.

Kurang Nutrisi

Tubuh juga sangat membutuhkan sejumlah nutrisi mikro dan makro supaya tubuh dapat berfungsi secara tepat. Hal ini juga dapat terpenuhi dengan mengonsumsi beragam makanan dan juga sayuran.

Konsumsi hanya satu jenis buah dan sayur tertentu dapat menyebabkan kurangnya nutrisi. Semakin beragam buah dan sayur yang anda konsumsi tiap  harinya, maka semakin baik untuk kesehatanmu.

Membahayakan Kesehatan Ususmu

Konsumsi beragam jenis makanan dapat menghadirkan lingkungan yang sangat tepat untuk perkembangan bakteri sehat di usus. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

ada takaran yang perlu anda penuhi supaya menjaga kesehatan usus dan juga pencernaan. Konsumsi jumlah yang tepat untuk makanan fermentasi, sayur, dan buah.

Memperlambat Turunnya Berat Badan

Konsumsi makanan yang itu saja bisa tak efektif ketika anda coba untuk menurunkan berat badan. Upaya yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan akan tidak berguna jika anda melakukan kebiasaan ini.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh PLOS One, variasi makanan juga memiliki andil pada hal ini. Diketahui jika seseorang yang mengonsumsi beragam buah dan juga sayur mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding juga makananannya setiap hari sama.

Kelebihan Nutrisi Tertentu

Masalah yang bisa anda alami bukan hanya kekurangan nutrisi namun juga kelebihan. Hal ini terutama kamu alami jika berlebihan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Konsumsi makanan tertentu dalam jumlah terlalu banyak bisa membuatmu kelebihan nutrisi tertentu dan mengalami risiko kesehatan. Sebagai contoh, ketika kamu kebanyakan mengonsumsi kunyit, bisa timbul masalah pada livermu.

Eating Disorder

Hanya untuk konsumsi makanan tertentu juga dapat membuat anda mengalami eating disorder. Kamu akan jadi pilih-pilih hanya mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya.

Pada kondisi ini, seseorang akan menolak konsumsi makanan tertentu secara konstan baik karena warna, tekstur, atau baunya. Hal ini juga dapat berujung pada malnutrisi dan juga berkurangnya berat badan secara tidak sehat.

Sejumlah makanan ini dapat anda alami ketika anda terus-terusan hanya konsumsi makanan yang sama. Ingat untuk konsumsi makanan secara bervariasi agar tak mengalami sejumlah masalah ini.