Salah satu ikan yang dianggap cukup bergizi dan juga bermanfaat untuk kesehatan ialah ikan salmon. Sayangnya tidak murah untuk bisa membeli ikan ini di pasaran.

Tapi ternyata ada ikan lain yang juga kini memiliki manfaat tidak kalah luar biasa dan harganya jauh lebih murah. Ikan yang dimaksud ini ialah ikan kembung.

Harganya lebih mahal daripada ikan lainnya di pasar. Harga dari salmon fillet yang berukuran 300 gram ini dapat mencapai Rp70 ribu. Dibanding harga salmon, ikan kembung ini juga kurang lebih Rp 25-30 ribu atau hanya setengahnya.


Meskipun juga harganya murah, kandungan gizi ikan kembung tak main-main. Ikan kembung juga memiliki kandungan gizi berupa protein, omega-3, vitamin B12, fosfor, vitamin D, vitamin B2, vitamin B6, iodine, dan selenium yang cukup tinggi.

“Ikan kembung itu lebih baik daripada salmon,” ungkap pakar neurologi anak, Attila Dewanti.

Walau Lebih Murah, Ikan Kembung Tidak Sepopuler Ikan Salmon

Menurut Attila, ikan kembung yang harganya cukup murah dan gampang didapat ini malah kalah populer daripada salmon.

“Sayangnya, ikan kembung, kan, dijualnya di pasar, ya. tidak ada yang mempromosikan. Jadi, ya, kesannya salmon lebih oke, gitu,” ungkap dia.

Attila juga sudah mengungkapkan beberapa makanan yang lebih baik daripada nutrisi otak anak. Sayur-mayur berwarna, seperti wortel, bayam, dan juga tomat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk lauk si Kecil.

Atilla tidak lupa meyarankan untuk tak melupakan gandum, kacang-kacangan, dan juga telur dalam lauk anak.

Butuh Pendamping Makanan yang Tepat

Untuk buah, dia menyarankan supaya memakan buah yang bewarna pekat, seperti berry. "Buah-buah yang juga bewarna, kayak yang bewarna ungu. Pokoknya, jika warna yang lebih pekat-pekat itu bagus," ungkap Attila.

Sebagai pendamping makanan, tak lupa dia mengingatkan untuk tak meninggalkan susu. Kandungan kalsiumnya memang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Attila juga menyarankan orangtua untuk memilih susu yang memiliki komposisi sphingomyelin. Sphingomyelin memang sangat baik untuk mematangkan sel-sel syaraf supaya pertumbuhan otak anak akan lebih baik.