Salah satu buah yang memang banyak dijual di daerah tropis seperti Indonesia ialah srikaya. Buah ini memang memiliki kulit luar yang sangat keras, tapi tekstur dagingnya sangat lembut dan juga manis.

Karna rasanya yang lezat, srikaya juga memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah srikaya ini memang kaya zat antioksidan seperti vitamin C yang bisa membantu untuk menyingkirkan radikal bebas pada tubuh.

Selain mengandung vitamin C, srikaya juga memang tinggi dengan kandungan lain. Buah ini memang kaya kalsium, magnesium, besi, niasin, dan potasium yang juga dapat memberikanmu manfaat sehat berikut ini.

Sejumlah kandungan yang luar biasa tersebut menjadikan buah ini dapat memiliki manfaat untuk kesehatan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi srikaya.


Srikaya memang sangat kaya akan serat dan juga tembaga yang penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada srikaya memang akan memperlancar sembelit yang selama ini telah mengganggu.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Srikaya adalah sumber vitamin C yang memang sangat kuat. Kandungan buah ini juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga menghancurkan radikal bebas yang ada pada tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B yang kompleks pada srikaya dapat membantu untuk menurunkan stres, depresi, serta emosi yang ada pada otak. Selain ini sel otak menjadi lebih sehat pada saat kamu rajin makan srikaya.


Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada srikaya membantu untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sementara kandungan vitamin A, B, dan C bisa membantu untuk mempercantik kulit dan juga rambut.

Menyembuhkan Infeksi Kulit

Menurut penelitian, yang rajin makan buah srikaya bisa membantu untuk meregenerasi sel pada lapisan kulit, membantu untuk pembentukan tulang rawan, tendon, serta ligamen. Selain itu, buah ini juga membantu mempercepat penyembuhan infeksi pada kulit.

Mendukung Kesehatan Kehamilan

Buah srikaya terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh janin dengan efektif. Bahkan makan srikaya juga bisa meminimalkan risiko keguguran, kelahiran bayi prematur, sampai nyeri pada saat persalinan.

Mempertajam Penglihatan

Buah srikaya yang memiliki kandungan vitamin A, B2, C, juga riboflavin di dalamnya. Kandungan ini juga bisa membantu untuk menghancurkan radikal bebas dan juga mata dari beberapa masalah serta alergi.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Srikaya juga mengandung natrium dan kalium dengan jumlah yang sangat tepat. Mineral ini membantu untuk mengontrol dan juga mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Sementara kandungan magnesium di dalamnya membantu untuk memperlancar otot jantung dan juga mencegah kram hingga risiko stroke akan terus menurun.

Mengobati Anemia

Srikaya yang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi. Itulah sebabnya penderita anemia disarankan unuk makan srikaya. Selain ini buah yang juga berguna untuk mengobati asam urat.


Beberapa ramuan herbal yang telah dijual di pasaran mengandung ekstrak srikaya di dalamnya. Pasalnya, srikaya juga mengandung acetogenin dan juga alkaloid yang bisa membunuh sel kanker.