Untuk menurunkan berat badan, ada sejumlah hal yang dapat mempengaruhi upaya seseorang. Gaya hidup yang tidak tepat serta pilihan makanan yang juga sangat sembrono dapat menjadi penyebab hal ini.

Tapi, siapa sangka jika rutinitas yang anda lakukan setiap pagi juga dapat berdampak kepada usahamu untuk menurunkan berat badan ini. Pasalnya, pagi hari ialah waktu terpenting untuk menjadi penanda kamu memiliki gaya hidup sehat.

Pagi hari adalah waktu sangat bermanfaat untuk tubuh dan bisa menyegarkan energi dan juga metabolisme. Jika hari sudah berubah siang, biasanya kamu akan terlalu sibuk bekerja atau melakukan berbagai aktivitas.

Sejumlah kebiasaan baik yang anda lakukan pagi hari dapat berdampak positif kepada tubuh. Sedangkan sejumlah kebiasaan buruk yang anda lakukan juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Dampak buruk kesehatan ini juga akan kamu alami pada berat badanmu jika menerapkan kebiasaan yang tidak tepat. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kesalahan pada pagi hari yang dapat membuat kamu gagal untuk menurunkan berat badan.


Banyak orang yang juga mengawali hari dengan meminum teh atau kopi. Tapi ternyata minuman yang paling cocok untuk dikonsumsi pertama kali pada saat pagi hari ialah air putih.

Untuk membantu menurunkan berat badan, juga disarankan mengonsumsi air hangat pada pagi hari karna bisa membuang racun keluar dari tubuh. Hal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan karena membuat metabolisme jadi bekerja, membersihkan usus, dan juga menjagamu dari masalah tekanan darah tinggi.

Kurang Berjemur

Pada pagi hari, berjemur dan mendapat cukup sinar matahari ialah hal yang penting diperoleh seseorang. Pasalnya, di siang hari, seseorang biasanya memang terlalu sibuk di dalam kantor dan juga kesulitan memperoleh waktu berjemur. Hal ini juga dapat berdampak kurangnya vitamin D pada diri seseorang.

Penelitian mengungkap jika kurangnya vitamin D berhubungan dengan bertambahnya berat badan. Vitamin D juga bisa mengontrol selera makan dan akan menekan penyimpangan sel lemak yang mendorong menurunnya berat badan.


Ketika anda berolahraga di pagi hari, tubuh bisa saja tiba-tiba terlibat di aktivitas intensitas tinggi. Hal ini juga akan membuat hormon yang anda miliki mengacaukan upayamu untuk menurunkan berat badan.

Olahraga sebelum sarapan dapat menghabiskan energimu lebih cepat dan membuatmu jadi lebih lapar dan akhirnya akan makan lebih banyak. Berolahraga dengan kondisi perut yang kosong sepenuhnya juga dapat membuatmu mengalami masalah perut.

Sarapan Berat Penuh Karbohidrat

Tubuh seseorang berada pada kondisi yang paling bugar di pagi hari. Jika begitu, sebaiknya anda tak mengonsumsi terlalu banyak sarapan yang berlemak dan kaya karbohidrat.

Jika sarapan besar di pagi hari bisa menekan kalori yang anda konsumsi kemudian, tapi penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya serat. Oleh karna itu, disarankan untuk mengonsumsi buah, telur, jus, atau sayuran.

Sejumlah kesalahan di atas memang nampak sepele tapi bisa berdampak pada berat badanmu. Perhatikan sejumlah hal tersebut terutama jika kamu ingin menurunkan berat badan.