Kondisi intoleransi laktosa ialah masalah kesehatan yang dapat membuat anak menjadi kekurangan nutrisi. Kondisi ini dapat membuat anak tak bisa mencerna susu dengan tepat.

Intoleransi laktosa ini ialah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna susu secara tepat pada tubuh. Hal ini juga pada akhirnya menjadi gas yang menyebabkan masalah pada tubuh dan juga biasa dialami sejak usia dini.

Ternyata kondisi tersebut juga dapat muncul ketika beranjak dewasa. Hal ini juga dikarenakan oleh kebiasaan minum susu yang berkurang, sehingga produksi enzim supaya memecah laktosa pun juga akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

"Di Asia, sekitar 80-100 persen penduduknya mengalami lactose intolerant primer. Dan juga sebagian besar ialah lactose intolerant primer yaitu yang enzimnya cukup ketika lahir tapi karna tidak minum susu, tubuh berhenti menghasilkan enzim laktase," kata kata Haekal Anshari, seorang pakar gizi.

Oleh karna itu, disarankan untuk tetap terus mengonsumsi susu hingga dewasa. Konsumsi susu di usia dewasa sangat bermanfaat untuk bisa menjaga kesehatan tulang dan juga gigi dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Jika tak menyukai susu, dapat menggantikannya dengan yogurt. Selain meningkatkan kesehatan pencernaan, bakteri baik yang terkandung di yogurt juga mampu menurunkan risiko intoleransi laktosa

"karna bakterinya memecah laktosa, jadi dapat menurunkan risiko lactose intolerant. Selagi tetap mendapatkan manfaat yang sama seperti susu seperti vitamin dan juga mineral untuk kesehatan tulang dan juga gigi serta meningkatkan daya tahan tubuh," kata Haekal.