Berenang ialah suatu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh. Hal ini akan semakin menyenangkan jika dilakukan ketika hari sedang panas-panasnya.

Berenang juga sesungguhnya memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk membakar kalori, menguatkan otot, dan juga membuat jantung bekerja secara tepat. Tapi, terdapat bahaya juga yang dapat mengintaimu.

Masalah yang paling besar dari berenang ini ialah pada tempat di mana kamu berenang. Ketika berada di kolam renang, sering kali terjadi berbagai sejumlah paparan dari berbagai hal yang tidak kamu ketahui di dalam kolam.

Pastikan kolam renang yang anda masuki terjaga kebersihannya supaya terhindar dari sejumlah masalah kesehatan. Dilansir dari Times of India, berikut berbagai masalah kesehatan yang bisa anda peroleh di kolam renang.

Ruam Kulit

Kolam renang air hangat ialah sarana yang sangat bagus supaya bisa melepas stres. Tapi pada air kolam yang juga dipanasi terus-menerus atau di sumber air panas alami, mungkin terjadi ruam kepada kulit.

Bakteri juga bisa lebih aktif jika terpapar air dengan temperatur panas. Di kolam yang kurang bersih, hal ini dapat lebih berbahaya dan juga menimbulkan masalah kepada kulit.


Air Masuk ke Telinga

Masalah yang umum dialami saat berenang ialah masuknya air ke hidung dan telinga. Jika masalah ini hanya terjadi secara sementara dan juga dapat hilang dengan sendiri, ada kemungkinan masuknya bakteri dan juga tumbuhnya jamur di bagian tersebut.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan anda mengalami rasa sakit, gatal, dan tidak nyaman pada saat menelan. Oleh karna ini disarankan untuk langsung membersihkan hidung dan juga telinga usai anda berenang.

Diare

Diare tak hanya terjadi karna makanan saja tapi juga dapat melalui air kolam renang. Bakteri penyebab diare juga dapat mencemari kolam renang dan juga dapat membahayakan kesehatanmu.

Masuknya bakteri ini dapat melalui air kolam yang secara tidak sengaja kamu telan. Oleh karna itu, penting untuk memilih kolam renang yang telah dikuras secara rutin supaya terhindar dari masalah ini.

Masalah Pernapasan

Untuk seseorang yang memiliki masalah pernapasan bawaan, kebersihan kolam renang ialah hal yang harus mereka perhatikan. Kolam yang kotor dapat membuat masalah ini menjadi kambuh kembali.

Hal ini juga terutama harus diwaspadai oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun, anak-anak, dan juga ibu hamil. Masuknya bakteri dapat membuat masalah ini akan kambuh dan juga menjadi semakin parah.

Berbagai masalah kesehatan itu dapat anda alami dan juga membahayakan kesehatanmu. Pastikan untuk berenang di kolam renang yang bersih dan setidaknya terhindar dari macam masalah kesehatan.