Kebiasaan dari masyarakat pada saat ini dan juga kondisi kualitas udara yang dapat menyebabkan munculnya masalah mata kepada banyak orang. Kebiasaan dengan menggunakan gadget, yang secara khusus ialah penyebab dari terjadinya mata kering ini.


Untuk masalah mata kering ini juga secara khusus sangat sering diabaikan oleh banyak orang. Namun, gangguan itu bisa memicu kerusakan permanen kepada mata.


"jika tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup karna mata menjadi cepat capek dan juga ketergantungan pada obat tetes. Mata yang kering juga bisa menyebabkan kerusakan untuk permukaan mata dan dapat menyebabkan peradangan dan juga infeksi permanen kalau dibiarkan," ungkap Nina Asrini Noor, seorang dokter mata.

Gatal, Mengganjal, juga Kemerahan

Mata kering ialah salah satu masalah mata yang juga sangat umum. Terjadi karena lapisan air mata mengalami ketidakstabilan. Kualitas dan kuantitasnya mengalami gangguan yang juga bersifat multifaktor.

Gejala mata kering ditandai dari mata yang mengganjal, mata panas, sering merah, terasa kering, berair, dan sensasi berpasir. Termasuk juga sering timbul kotoran mata, terasa lengket juga sering mengucek mata.

"Biasanya jika mata kering juga ditandai dari mata yang gampang lelah dan sangat sensitif dengan cahaya, juga gampang silau. Dan mata kering juga membuat fokus mata lama-lama akan menurun," ujar dr. Nina.

Penyebab Mata Kering

Semua gejala itu bisa saja disebabkan oleh paparan AC yang sangat lama dan bekerja di depan monitor. Bisa juga penggunaan lensa kontak dan kedipan mata yang kurang maksimal.

"Salah satu faktornya yakni memang karna aktivitas visual di mana sangat tinggi cahaya dengan gadget dan menyetir lama. Faktor berkedip yang sangat penting supaya menjaga air dan juga permukaan mata. Karna pasti kita akan lupa berkedip dan kedipannya tidak complete," ungkap Nina.

Cara Mengatasi Mata Kering

Oleh karna itu, Nina telah menyarankan supaya memaksimalkan kedipan mata di mana kelopak atas dan yang bawah bertemu. Gerakan ini dapat mengurangi gejala mata kering. Solusi lainnya ialah mengompres mata menggunakan air hangat.

"Bisa juga dengan memakai obat tetes mata dan berkonsultasi ke dokter supaya mata bisa tetap steril, ternutrisi dan juga permukaannya bisa rata dengan penglihatannya yang lebih baik," ungkapnya.