PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan New Calya menjadi mobil 7-seater entry multi purpose vehicle (MPV) di Jakarta pada hari Senin (16/9). Dengan desain yang baru, New Calya tampil cukup agresif dan dinamis, juga memiliki fitur kenyamanan dalam berkendara yang makin lengkap pada kelasnya.

New Astra Toyota Astra memiliki banyak varian. Varian terendah, E non-ABS, dibanderol sebesar Rp 137,46 juta (on the road Jakarta). Varian yang menengah, E transmisi manual dan G manual, masing-masing dijual dengan harga Rp 140,26 juta dan Rp 146,4 juta. Dan varian yang tertinggi, G transmisi otomatis, Rp 158,4 juta. Ada kenaikan Rp 1,4-2 juta di model anyar ini.

New Calya yang memiliki slogan baru, yaitu Partner in Times. Maksudnya, New Calya diharapkan tidak hanya mumpuni untuk mendukung aktivitas keseharian, namun juga dapat menjadi mitra yang handal di setiap momen yang bersama keluarga dengan kerabat.


“New Calya adalah implementasi komitmen Toyota untuk mewujudkan ever better cars yang dapat didasari semangat Let’s Go Beyond. Sentuhan penyegaran juga diberikan dan meningkatkan nilai tambah New Calya menjadi mobil keluarga yang tidak hanya memiliki fungsionalitas beragam, namun kini juga sangat tangguh, bergaya, dan juga nyaman dikendarai. Kehadiran New Calya yang kami harapkan dapat melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi yang sangat signifikan untuk market MPV, khususnya entry MPV,” ungkap Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), di Jakarta, Senin.

Eksterior baru

Tampilan luar New Calya semakin agresif dan elegan berkat kehadiran fitur-fitur yang terbaru, seperti new LED headlamp, new Retractable Outer Mirror (tipe G), New Front Grille Design with Dark Chrome Element, New Dark Chrome Element pada backdoor garnish, juga New Alloy Wheel Design. Penyegaran kepada interior juga dilakukan, untuk kesan lebih hangat, nyaman, dan lega. Tapi, juga bisa meningkatkan kesan yang prestis untuk berkendara dengan New Calya dari warna coklat gelap yang melapisi kursi pengemudi, dashboard, dan penumpang.


New Calya juga telah dilengkapi dengan fitur, antara lain yaitu New Touchscreen Head Unit (tipe G), New Audio Steering Switch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G), serta Front Console Box (tipe G).

“Dengan desain eksterior dan interior agresif yang didukung kehadiran fitur-fitur terbarunya, kami juga mengharapkan kehadiran New Calya juga mendapat respons positif di pasar dan juga makin mendapatkan tempat di hati para pelanggannya,” kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Calya juga rilis perdana pada bulan Juli 2016. Enam bulan kemudian, Calya telah berkontribusi dalam meroketkan pasar entry MPV, yang mana segmen itu naik 4 kali dibandingkan dengan tahun dari sebelumnya, yaitu menjadi 96.172 unit dari 20.731 unit. Hingga bulan Agustus pada tahun ini, penjualan Calya mencapai 214.977 unit.

“Kami terus optimis dalam kehadiran New Calya yang makin menggairahkan di pasar Entry MPV di Indonesia sejalan dengan dinamika juga kebutuhan sarana transportasi yang sesuai dengan keinginan dan kondisi pada masyarakat saat ini,” ujar Marketing Director TAM, Kazunori Minamide.