Melakukan push-up adalah salah satu bentuk olahraga yang sangat gampang dan bisa anda lakukan. Tak membutuhkan peralatan tambahan atau tempat yang cukup besar pada saat anda melakukan push-up.

Olahraga ini ialah cara yang paling klasik dan juga populer yang bisa dilakukan supaya memperkuat otot tubuh bagian atas dan juga lengan. Olahraga ini dapat anda lakukan dengan waktu dan tempat yang sempit.

Pada saat melakukan olahraga ini, ada pada bagian otot tubuh yang juga secara khusus terlibat langsung. Melakukannya dan bisa melatih otot lengan, perut, bahu, serta dada.
                    Baca Juga AGEN POKER UANG ASLI TANPA ROBOT

Baik kepada laki-laki ataupun perempuan, push-up ialah olahraga standar yang dapat dilakukan supaya membentuk otot tubuh. Bahkan juga ada beberapa yang menjadikannya menjadi bentuk pemanasan sebelum olahraga lain yang juga melibatkan sangat banyak gerakan.

Banyak variasi seseorang untuk melakukannya, termasuk pada jumlah. Beberapa orang yang melakukannya secara ringan saja untuk sekitar 10 hingga 20 kali tapi beberapa bahkan juga bisa melakukan lebih dari 100 push-up dalam waktu sehari.

Perbedaan jumlah yang muncul ini dapat membuat banyak orang juga bertanya-tanya mengenai jumlahnya yang ideal. Tapi sesungguhnya, ada berapa jumlah push-up yang ideal dilakukan oleh seseorang?

Push-up ialah olahraga yang memiliki tingkat kesulitan tinggi jika kelihatan sangat gampang. Untuk mendapat bentuk dan juga manfaat push-up yang memang benar-benar tepat, anda perlu terus berlatih dan juga membiasakan bentuk ideal milikmu.


Jumlah Push-Up yang cukup Ideal

Ketika melakukan push-up, penting juga untuk melakukannya dengan jumlah yang sangat bertahap dan tak memaksakan diri. Dilansir dari India Times, melakukan 50 hingga 100 push-up sehari dapat membantu supaya menjaga bentuk tubuh bagian dari atas terutama jika anda melakukannya dengan tepat.

Jika ingin memulai push-up, sebaiknya diawali dari sekitar 20 kali. Selanjutnya juga tingkatkan jumlah push-up yang anda lakukan secara bertingkat hingga bisa terbiasa.

Jika anda tetap melakukan push-up sebanyak 20 kali dengan waktu 3 bulan, dan ototmu akan berhenti pada jumlah tersebut sehingga berhenti berkembang. Oleh karna itu, sangat penting untuk meningkatkan jumlahnya secara bertahap.

Idealnya anda juga sebaiknya melakukan push-up sebanyak 3 set dengan masing-masing yang terdiri dari 12 push-up setiap harinya. Hal ini juga dapat membuatmu memperoleh kekuatan kepada ototmu.

Hal yang juga Perlu Diperhatikan

Form dan bentuk juga posisi untuk melakukan push-up ialah salah satu hal yang dapat dipertimbangkan. Bentuk yang tepat dapat membuatmu mendapatkan manfaat yang sangat optimal dari sebuah push-up ini.

Cara yang tepat untuk membuat seluruh otot yang bisa terlibat ialah tubuh mendapat manfaat yang cukup optimal. Sedangkan bentuk push-up yang salah juga dapat menyebabkan masalah kepada tubuhmu dan otot tidak dapat berkembang secara optimal.

Bentuk Push-Up yang Tepat

form atau Bentuk yang tepat sangat penting jika melakukan push-up. Ketika melakukannya, pastikan posisi punggung anda benar-benar lurus seperti ketika melakukan plank.

Pada saat menurunkan tubuh, pastikan tulang belakang anda lurus. Ketika punggung dan juga bahu melengkung, maka push-up yang anda lakukan akan tak bermanfaat untuk menguatkan otot. Lebih lanjut, bentuk yang salah ini dapat meningkatkan risiko anda mengalami cedera.