Lionel Messi mulai santer dikabarkan akan terus pergi dari klub yang telah membesarkannya, Barca. Meski masih sangat betah di Nou Camp, pria Argentina ini mungkin saja akan pergi tahun depan.

Isu kepindahan dari Messi merebak setelah muncul kabar jika klausul bahwa Messi bisa pindah dari Barcelona pada akhir musim 2019-2020 ini. Messi juga akan pindah ke klub lain dengan cara gratis.

Kabar adanya klausul yang dapat membuat Lionel Messi meninggalkan Barca di akhir musim 2019-2020 bukan sekedar rumor. Kabar ini sudah dibenarkan oleh presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

Adanya klausul ini membuat banyak klub siaga untuk mendapatkan tanda tangan dari Messi pada musim panas 2020.

Messi sendiri sangat kecewa dengan Barcelona. Pasalnya Blaugrana telah gagal mewujudkan permintaan Messi yang merekrut Neymar dari Paris Saint Germain.

Andai jadi pergi, berikut tiga klub yang mungkin akan menampung Lionel Messi pada musim depan:

Manchester City

Sudah menjadi rahasia umum bila City juga sangat mengidamkan Messi. Peluang City juga memang akan sangat besar untuk memiliki Messi musim depan. Pasalnya City pada saat ini dilatih oleh Josep Guardiola.

Hubungan Messi dan Guardiola juga memang sangat baik. Messi telah sukses besar ketika Barcelona dilatih Guardiola. Duet Guardiola dan juga Messi pada saat itu menyapu bersih enam gelar bergengsi dalam setahun.

City juga masih mempunyai senjata pamungkas yaitu Txiki Begiristain. Petinggi City itu juga pernah bekerja di Barca pada saat Guardiola masih melatih.

Paris Saint Germain

Paris Saint Germain (PSG) juga dapat jadi klub berikutnya Messi. Bos PSG Nasser Al Khelaifi sudah lama ingin memiliki Messi di tim miliknya.

Gaji besar siap disodorkan oleh PSG kepada Messi. Kehadiran Messi juga diharapkan dapat membuat PSG menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sepanjang sejarah.

Kendala PSG yang memiliki Messi ada pada kurang kompetitifnya Liga Prancis. Banyak pemain bintang yang menolak main di Liga Prancis karena tidak sehebat Liga Spanyol, Inggris, Jerman maupun Italia.

Juventus

Juventus bukan tak mungkin akan mencoba merekrut Messi jika bisa didapatkan gratis pada tahun depan. Pada satu dekade terakhir Juventus juga sering merekrut pemain gratisan yang berkualitas.

Musim ini saja Juventus bisa mendapatkan tiga pemain gratisan yaitu Gianluigi Buffon, Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot.

Juventus tidak akan menemui masalah memberikan gaji besar untuk Messi. Kontrak sponsor Juventus dengan Jeep maka akan menjadi naik menjadi 50 juta euro per musim.

Messi akan diimingi berbagai kesempatan bermain bareng Cristiano Ronaldo di Juventus. Punya Messi dan Ronaldo akan membuat Juventus mempunyai peluang yang cukup besar untuk juara Liga Champions yang terakhir kali didapat pada tahun 1996.