Setelah berolahraga, asupan nutrisi yang sangat tepat ialah sebuah hal yang sangat penting diketahui. Konsumsi makanan dan juga minuman setelah berolahraga adalah hal yang tidak kalah penting dibanding sebelum berolahraga.

Usai berolahraga, tubuh memang akan kehilangan banyak cairan karna keringat yang keluar. Untuk menghindari dehidrasi, penting untukmu supaya mengonsumsi asupan air dengan jumlah cukup.

Dehidrasi yang kamu alami bisa menjadi penyebab munculnya dari masalah ginjal, kesulitan menjaga daya tahan, juga penyembuhan setelah cedera. Asupan air pada tubuh ini juga bisa membantu memecah dan menyerap nutrisi pada tubuh.

Selain konsumsi air putih, ternyata ada sejumlah minuman lain yang dapat menjadi alternatif penggantinya. Sejumlah minuman ini juga dapat membantu proses pemulihan tubuh.

Pilihan minuman ini bisa menjadi alternatif yang lebih lezat dibanding air putih untuk diminum setelah berolahraga. Dilansir dari The Health Site, inilah sejumlah minuman yang dapat menjadi pengganti air putih untuk mencegah dehidrasi.

Susu Cokelat

Susu cokelat juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan cocok dikonsumsi setelah olahraga. Karbohidrat juga dapat membantu mempercepat pemulihan dengan mengganti glikogen yang hilang ketika berolahraga. Protein pada susu cokelat yang berpadu dengan karbohidrat juga dapat membantu pemulihan otot yang sudah lelah.

Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi minuman serbaguna dan termasuk membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Minuman ini juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi seperti magnesium dan juga potassium. Dibanding minuman olahraga, air kelapa mengandung sodium lebih sedikit dan juga mengurangi resiko dehidrasi dan juga penyakit jantung.

Minuman Campuran Semangka dan Kemangi

Semangka memiliki kandungan potassium, magnesium, dan garam yang mampu menyeimbangkan elektrolit pada tubuh. Semangka mengandung 90 persen air yang juga membantu mengganti air hilang pada tubuh. Menambah daun kemangi pada jus semangka juga dapat menghilangkan racun pada tubuh dan juga meningkatkan kesehatan usus.

Jus Ceri

Jus ceri juga mengandung antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi peradangan serta preoksidasi lipid yang membantu menjaga pemulihan otot. Selain membantu menjaga otot dari cedera, hal ini juga dapat mencegah hilangnya kekuatan otot.

Teh Hijau dan Hitam

Teh hitam dan hijau dapat membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak ialah proses memecah lemak menjadi molekul kecil untuk menjadi energi. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Bir Non-Alkohol

Berdasarkan penelitian pada Journal of the International Society of Sports Nutrition, karbohidrat dan elektrolit pada bir non-alkohol dapat membantu mengurangi risiko kram otot ketika selesai olahraga. Hal ini juga kita ketahui membantu mengurangi peradangan setelah olahraga terutama setelah bersepeda.

Sejumlah minuman ini dapat menjadi pilihan yang lezat dibanding air putih setelah berolahraga. Hal ini tersebut bisa menjadi pengganti air putih yang biasa anda konsumsi setelah olahraga.