Pir adalah salah satu buah favorit untuk banyak orang. Selain rasanya yang manis dan juga menyegarkan, masih sangat banyak manfaat buah pir untuk kesehatan yang dapat kamu nikmati.

Buah ini digemari karna mengandung banyak air yang sangat menyegarkan. Buah pir juga dirasa paling cocok dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas.

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah yang berbentuk unik seperti lonceng ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Tinggi nutrisi

Pir adalah buah yang memang kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin K dan C. Kandungan kalori yang juga rendah pada pir juga bisa menjadikan buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat sedang diet.

Mengutip Healthline, pir juga sebenarnya mengandung provitamin A, niacin, dan folat yang penting untuk menjaga fungsi sel dan menghasilkan energi. Sementara provitamin A membantu kesehatan kulit dan juga penyembuhan luka.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Pir adalah sumber serat yang sangat baik. Satu buah pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat atau 22% kebutuhan serat harian Anda. Hal ini juga membuat buah pir sangat baik untuk membantu pencernaan.

Pir juga memang mengandung prebiotik yang juga mampu menjaga kesehatan usus, meredakan sembelit, dan juga meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3. Mengandung senyawa bermanfaat

Beda warna, maka berbeda pula kandungan senyawa yang ada terkandung dalam buah. Misalnya, senyawa anthocyanin yang juga memberi warna merah pada pir disebut bisa meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, pir yang berkulit hijau juga bisa diperkaya dengan kandungan lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini juga sangat diperlukan supaya menjaga penglihatan supaya tetap tajam.

4. Kaya akan antioksidan

Mengutip Eating Well, vitamin C yang memang terkandung di dalamnya membuat manfaat buah pir kian beragam. Vitamin C yang berfungsi menjadi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

Radikal bebas yang juga dibiarkan menumpuk pada tubuh dapat membawa dampak buruk. Mulai dari menimbulkan stres oksidatif, merusak sel, sampai memicu munculnya penyakit yang sangat berbahaya.

5. Bersifat anti-inflamasi

Pir kaya akan flavonoid, yakni antioksidan yang bisa membantu melawan peradangan dan juga menurunkan resiko beberapa penyakit seperti diabetes dan juga kanker.

Selain itu beberapa kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di pir juga disebut bisa membantu memerangi peradangan seperti tembaga, vitamin C, dan juga vitamin K.

6. Memberi efek anti-kanker

Pir yang mengandung berbagai macam senyawa dan menunjukkan sifat anti-kanker seperti kandungan antosianin dan asam sinamat. Menurut dari sebuah penelitian yang juga sempat dipublikasikan pada tahun 2013, kandungan flavonoid pada buah pir juga bisa melawan kanker payudara dan juga ovarium.

7. Menurunkan risiko diabetes

Pir bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 berkat kandungan serat dan anthocyanin yang ada di dalamnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Science and Technology di Tianjin University, Cina, mencatat jika senyawa pada kulit pir termasuk anthocyanin, menunjukkan sifat anti-diabetes dan anti-inflamasi.

Kandungan serat larut pada buah pir juga berperan pada mengatur kadar gula darah.

"Selain juga menjaga saluran pencernaan, serat juga membantu mengatur gula darah supaya tetap seimbang," kata Maya F. Bach, ahli gizi diet melansir Well and Good.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan kaya serat juga memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi cukup serat bisa mengurangi tekanan darah dan kolesterol juga mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Kulit pir juga sarat akan zat antioksidan yang disebut quercetin, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Quercetin bisa mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah dan kolesterol.

9. Menurunkan berat badan

Pir adalah buah yang rendah kalori, mengandung banyak air, juga kaya serat. Kombinasi ini membuat manfaat buah pir juga dapat digunakan sebagai camilan diet yang dapat membantu menurunkan berat badan.