Penggunaan handphone tiap hari sudah membuat anda pada saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, penggunaan dari alat elektronik ini sudah mempercepat rusaknya organ pengelihatan seseorang.

Untuk itu, menghindari penggunaan handphone berlebihan haruslah dihindari. Dokter spesialis mata M. Siddik memberikan strategi supaya penglihatan tetap sehat dan juga mata tak terus menerus dihadapkan dengan layar.

Dalam temu media pada gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Jakarta, Senin lalu, Siddik meminta para pengguna handphone dan juga komputer untuk melakukan teknik 20-20-20.

"Jadi setelah 20 menit bekerja, 20 menit itu istirahat dan melihat jauh 20 feet (6 meter)," ungkap Siddik.


Cara lain yang juga dapat dilakukan ialah setelah bekerja selama 2 jam dengan komputer, lakukan istirahat selama 10 menit dengan melihat jauh hingga jarak pandang sejauh 6 meter.

"sebab jika istirahat 10 menit melihat gawai, itu tak istirahat," Siddik juga menambahkan.

Siddik juga mengatakan, pada saat ini dikenal sebuah masalah pada mata yang juga disebut computer vision syndrome. Kondisi ini membuat mata mengalami merah, perih, sakit, dan juga gatal karna terus menerus terpapar layar.

Selain ini, ia mengatakan jika banyak pakar yang menduga jika bertambahnya orang yang memiliki masalah mata minus atau miopi, juga terkait dengan meningkatnya penggunaan gawai.


Dalam edarannya, Kemenkes juga sendiri merekomendasikan beberapa cara lain supaya mencegah terjadinya gangguan penglihatan juga kebutaan.

1. Hindari membaca dengan jarak yang juga terlalu dekat
2. Membaca di tempat yang terang dan tempat dengan tingkat pencahayaan yang cukup
3. Tak membaca sambil tiduran
4. Tak menonton televisi di jarak yang cukup dekat
5. Hindari penggunaan komputer dengan jarak monitor ke mata terlalu dekat
6. Hindari penggunaan handphone terlalu lama
7. Lakukkan gerakan atau olahraga mata supaya lebih kuat dan juga elastis
8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan diet gizi yang seimbang
9. Istirahatlah yang cukup
10. Hindari juga asap dari rokok