Ahli tank ini tidak pernah menyangka upayanya untuk memperbaiki sebuah tank Rusia yang sudah dibelinya ternyata juga menyimpan emas batangan yang bernilai miliaran rupiah. Jika dihitung, seluruh emas itu seharga Rp 33,2 miliar, padahal ia cuma membelinya dengan harga Rp 499,4 juta.

Dilansir dari laman mirror.co.uk, Kamis (13/4), lelaki itu yang bernama Nick dan Todd Chamberlain. Dia membelinya tang T54 Type 69 main battle tank dari tangan Joe Hewes (23) yang tak pernah menyangka di dalam barang yang dijualnya ada menyimpan emas batangan.

Tank ini adalah pampasan perang yang telah direbut tentara inggris di Kuwait pada tahun 1990 lalu. Alat perang saat negara-negara sekutu berusaha membebaskan Kuwait dari aksi invasi Negara Irak, diduga emas ini ialah barang curian.

"Saya tak pernah berpikir kami akan mendapatkan apapun dari dalamnya. Kami juga hanya bekerja dan setelah memisahkan semuanya bersama para pekerja di sini, kami tak berpikir semuanya akan berubah. Yang pasti setiap batangan yang sudah didapatkan akan menjadi bonus," ungkap Nick (55).

Nick juga sudah mengaku merekam pekerjaannya supaya menjadi kenangan pada saat menemukan peluru atau senjata di dalamnya, karena ia dan timnya juga mencari peluru tua. "Kami tertawa soal kejadian ini dan saya yakin kami sangat beruntung untuk mendapatkan sesuatu dari sana."

Sementara, Joe yang sudah pernah memiliki tank ini mengaku tak merasa kecewa atas penemuan itu. Ia hanya berharap bisa mendapatkan kembali sebuah pint.

"Ini juga sangat hebat dan temuan luar biasa jadi saya harap mereka menyimpannya. Semua orang berpikir saya akan hancur setelah kehilangan sebuah keberuntungan namun saya tak terlalu kecewa karna saya mendapatkan sedikit uang yang adil dan juga sebuah tank tentunya," ungkapnya.

Joe sendiri pernah juga memperbaiki tank itu. Ia menggantinya dengan trek baru dan tak pernah menemukan harta karun itu.

Kini, emas-emas tersebut disita polisi dan aparat berwenang sedang mencari apakah benda tersebut pernah dicuri pada laporan-laporan yang telah diterima.