Mengukus ialah salah satu cara yang memproses makanan selain merebus, menggoreng, atau membakarnya. Cara memasak ini juga dianggap banyak orang malah lebih sehat terutama untuk sayuran.

Cara memasak ini pada saat ini sedang populer karna dianggap lebih sehat. Selain ini, cara memasak ini juga sangat hemat biaya dan ramah lingkungan.

Untuk memasak dengan cara ini, anda bisa menggunakan mesin pengukus khusus atau juga menggunakan panci yang khusus supaya bisa mengukus makanan. Cara ini dapat membuat makanan lebih sehat supaya bisa dikonsumsi.


Jika banyak disukai orang, menggoreng makanan juga dapat membuat makanan tersebut lebih berlemak. Hal ini dapat memicu munculnya obesitas juga penyakit jantung.

Penggunaan minyak ketika menggoreng dapat menimbulkan dampak kesehatan. Oleh karna itu, menghilangkan minyak sepenuhnya dengan memproses makanan berupa mengukusnya dapat menghilangkan bahaya tersebut.

Ada sejumlah manfaat kesehatan dari makanan yang juga diproses dengan cara ini. Dilansir dari The Health Site, berikut ini sejumlah manfaat sehat dari makanan yang juga telah dikukus.

Tak  Membutuhkan Minyak

Mengukus makanan dapat  menghilangkan minyak secara sepenuhnya dari makananmu. Tanpa ada penggunaan minyak, risiko dari penyakit stroke, jantung, dan juga kanker akan menurun.

Makanan Dipastikan Tak Gosong

Menggunakan alat masak yang seperti steamer bisa menghemat energi dan juga biaya karna bisa langsung mati setelah makanan matang. Hal ini juga dapat membuat makanan tak gosong atau matang secara berlebih.

Tak Mengubah Rasa

Ketika makanan dikukus, tak terdapat kontaminasi rasa seperti yang terjadi pada saat digoreng. Bahkan jika kamu mengukus sayuran yang berbeda pada satu waktu, rasa yang juga dimiliki akan tetap berbeda satu sama lain.

Nutrisi Akan Tetap Terjaga

Selama proses pengukusan, nutrisi di sayuran tak rusak atau juga menguap. Nutrisi penting seperti vitamin akan tetap terjaga pada makanan dan juga bisa dinikmati secara sepenuhnya.

Menurunkan Risiko Kanker

Masakan  atau makanan pada temperatur rendah, tak menghilangkan kandungan Glukosinolat pada makanan. Glukosinolat ialah komponen kimia yang ditemui pada sayuran seperti bunga kol, kubis, dan brokoli. Kandungan ini juga memiliki sifat antikanker dan dapat hancur ketika sayur dimasak pada temperatur yang tinggi.

Sejumlah hal itu bisa kamu peroleh ketika anda memasak makanan dengan cara dikukus. Cara masak seperti ini juga dapat membuat kandungan nutrisi pada makanan tetap terjaga serta tak menimbulkan efek yang buruk kepada tubuh.