Sakit perut ialah salah satu masalah kesehatan yang sudah biasa kita alami sehari-hari. Terdapat berbagai bentuk sakit perut yang memang berbeda dan bisa kita alami pada kehidupan sehari-hari.

Untuk beberapa hal dapat memicu munculnya sakit perut untuk diri seseorang ini. Masalah pencernaan atau adanya gas secara berlebihan pada perut dapat menyebabkan terjadinya sakit perut.

Sakit perut yang telah kamu alami ini dapat berupa nyeri di beberapa bagian. Beberapa hal yang seperti kembung juga dapat tergolong pada sakit perut yang sedang kamu alami.


Jika terdapat banyak jenis sakit perut, tapi terdapat beberapa kondisi yang dapat dikatakan tak normal. Dilansir dari Medical Daily, berikut ini sejumlah kondisi sakit perut yang bisa anda alami.

Sakit Perut Setelah Makan Besar

Munculnya rasa sakit di perut setelah siap makan dengan jumlah besar bisa menjadi pertanda masalah empedu. Hal ini ialah ketidakmampuan tubuh mencerna makanan tertentu.

Tugas utama dari kantong empedu ialah menyimpan empedu dan juga membaginya pada usus kecil untuk membantu mencerna lemak. Ketika organ ini telah tersumbat dan juga mengalami peradangan, maka mungkin anda sedang mengalami masalah pada batu empedu.

Nyeri Secara Samar Di Perut Bagian Atas

Robert Glatter, MD, dari American College of Emergency Physicians (ACEP) mengungkapkan jika rasa sakit tidak jelas pada perut bagian atas atau tengah bisa saja menjadi tanda masalah kesehatan serius. Ketika masalah ini juga disertai mual dan juga sendawa, maka anda memiliki resiko penyakit jantung.

Muntah berhubungan dengan adanya rasa sakit di punggung dan juga rahang serta napas pendek yang dapat membahayakan nyawa. Oleh karna itu dibutuhkan penanangan secepatnya.

Kram Perut Karena Diare

Diare atau juga konstipasi dengan kram perut atau juga rasa kembung dapat menjadi tanda sindrom iritasi usus besar. Disarankan supaya segera mengonsumsi obat ketika anda mengalami masalah tersebut. Untuk menghilangkan masalah ini pada jangka panjang, mengatur pola makan dan juga stres sangat penting supaya bisa dilakukan.

Nyeri Perut Tiba-Tiba

Rasa sakit pada perut yang muncul dengan tiba-tiba dapat terjadi ketika anda memiliki riwayat tukak lambung. Ketika anda mengalami hal ini langsung temui dokter untuk ditangani secara cepat karna dapat berbahaya jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang.

Nyeri di Perut Sebelah Kiri Bawah

Nyeri perut pada bagian ini yang dapat menjadi semakin parah ialah tanda adanya diverkulitis. Bagian ini ialah kantung kecil di usus yang dapat mengalami masalah. Disarankan supaya mengonsumsi antibiotik dan juga pelunak tinja pada saat mengalami masalah ini. Jika begitu, disarankan untuk menemui dokter terlebih dulu pada saat mengalami masalah ini.