Pada saat bangun tidur di pagi hari, seharusnya anda merasakan segar dan bugar. Tapi pada beberapa kondisi, bukannya segar, anda malah merasa lelah.

Rasa lelah yang malah muncul pada saat bangun tidur ini juga bisa berpengaruh kepada aktivitasmu selama sehari penuh. Dan kamu akan jadi kurang semangat dan juga berkonsentrasi dalam menjalani hari.

Hal ini juga membuat bangun dan bangkit dari tempat tidur akan terasa sangat membebani. Badan yang lelah dan juga rasa mengantuk akan membuat anda menjadi kesulitan dalam menjalani hari-harimu.

Jika kamu sudah tidur dengan cukup hingga delapan jam, tapi rasa lelah ini memang bisa tidur. Carl Bazil, MD, PhD, direktur dari Columbia University's Sleep Disorders Center mengungkapkan  jika terdapat sejumlah penyebab dari hal ini.
Setidaknya ia menyebut memang ada hal yang dapat membuat anda merasa lelah walau baru bangun tidur. Sejumlah penyebab dari hal ini dan cara untuk mengatasinya.

Berolahraga Terlalu Keras

Berolahraga sebelum tidur disebut Dr. Bazil dapat mempengaruhi jam tidurmu dan jika jaraknya memang terlalu dekat dapat membuatmu akan sulit tidur. Tapi olahraga pada pagi hari juga bisa membuatmu kesulitan tidur terutama jika dilakukan dengan sangat keras.

Olahraga ini dapat membuat tubuh menjadi tegang dan memang akan sulit rileks untuk mulai tertidur. Olahraga secara berlebih dapat menimbulkan masalah pada kelenjar adrenal dan juga hormon menjadi tak seimbang yang berujung pada kelelahan bahkan sampai pagi hari hingga usai tidur.

Cara untuk mengatasinya: Usai berolahraga terutama yang sangat keras, usahakan untuk beristirahat. Istirahat dalam satu atau dua hari dan juga melakukan olahraga yang ringan saja untuk memulihkan tubuh seperti berjalan atau yoga.

Kamu Sedang Sakit

Ketika anda merasa lelah walaupun baru bangun tidur, bisa saja tubuhmu memang lagi sakit. Pada saat melawan penyakit, sistem kekebalan tubuh akan menyerap banyak energi untuk melakukannya.

Hal ini dapat membuatmu menjadi sangat mengantuk karna tubuh akan menahan diri untuk pemulihan. Selain rasa lelah, hal ini juga biasanya disertai batuk dan juga pilek sehingga sebaiknya konsumsi obat atau bisa konsultasi dengan dokter. Jika begitu, obat yang anda konsumsi juga dapat menyebabkan rasa ngantuk kepada dirimu.

Cara mengatasinya: pada saat tubuh sedang tak sehat, langsung tidur dan juga hindari aktivitas yang menguras energi. Pastikan untuk asupan air minum cukup dan konsumsi makanan sehat yang bernutrisi.

Mengonsumsi Minuman Tertentu

Minuman yang anda konsumsi juga dapat menjadi biang kerok masalah tidur yang kamu alami saat ini. Dua minuman yang dapat menjadi penyebab utama dari hal ini ialah kafein dan juga alkohol.

Kedua minuman ini dapat mengganggu pola tidurmu sampai anda sulit memejamkan mata. Dampaknya, maka rasa lelah akan anda alami usai terbangun dari tidur di malam hari.

Cara Mengatasinya: Kurangi saja asupan dari alkohol dan juga kafein sehari-hari. Pastikan juga jangan mengonsumsi minuman ini sebelum tidur.

Anda Terlalu Banyak Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang merasa lelah. Tapi terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan dampak yang sama kepada tubuh seseorang. Hal ini juga mengganggu pola tidur yang anda miliki saat ini.

Perubahan pola tidur yang anda alami ini bisa menguras energi hingga anda terus merasa lelah. Oleh karna itu, sebaiknya awasi jumlah jam tidurmu terutama di siang hari.

Cara Mengatasinya: Ketahui jam berapa jumlah jam tidur yang memang dibutuhkan oleh tubuhmu. Jika anda sudah mengetahui jumlah yang tepat, pertahankan saja jumlah jam tersebut.

Kamu Sedang Stres

Kondisi stres dan juga banyak pikiran yang anda alami dapat membuatmu kesulitan untuk tertidur. Dr. Bazil mengungkapkan jika stres ialah salah satu penyebab utama gangguan tidur.

Stres yang juga berhubungan dengan pekerjaan ialah salah satu penyebab umum dari masalah gangguan tidur ini. Sebuah penelitian yang juga telah dipublikasikan di jurnal Sleep di tahun 2014 mengungkapkan  jika hal ini menjadi penyebab seseorang tak beristirahat secara cukup.

Cara Mengatasinya: Dr. Bazil telah menyarankan untuk melakukan berbagai cara seperti meditasi, relaksasi, atau juga membayangkan hal tertentu supaya tubuh menjadi jika santai ingin tidur.

Banyak Terbangun Saat Tertidur

Kondisi tidak nyaman yang anda alami pada saat tidur dapat membuatmu menjadi sering terbangun di malam hari. Hal ini juga dapat membuat jam tidur yang anda miliki menjadi kurang.

Sering terbangun dapat membuat anda merasa kurang tidur dan juga lelah pada pagi harinya. Terbangun dengan sering pada saat tidur juga dapat membuat anda kurang konsentrasi dan juga memiliki mood yang jelek di esok harinya.

Cara untuk Mengatasinya: Gunakan sebuah penutup telinga, nyalakan bunyi-bunyian white noise, dan gunakan penutup mata agar tidak mengalami gangguan. Hal ini dapat membuat tidurmu akan lebih nyenyak.

Jika sejumlah hal di atas tak menjadi penyebab rasa lelahmu sebaiknya langsung segera konsultasi ke dokter. Supaya Anda bisa ditangani oleh dokter yang ahli dibidangnya.