Suzuki Indonesia terus-terang memberikan perlakuan yang istimewa untuk konsumen loyal mobil Suzuki yang telah memesan New Suzuki Jimny. Konsumen loyal Suzuki ini memang akan diprioritaskan mendapatkan unit baru Jimny dibandingkan dari konsumen non-loyal.

Hal itu juga ditegaskan oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada saat media test drive New Suzuki Jimny di Sirkuit Off-Road Pagedangan, BSD City, Tangerang, Senin (30/9).

Perlu untuk diketahui, dari bulan Agustus lalu hingga kini jumlah unit inden New Jimny lebih dari 2.000 unit. Dan pengiriman unit per bulan hanya bisa 50 unit akibat pembatasan kuota dari Jepang, maka yang dibutuhkan waktu 40 bulan atau 3 tahun 4 bulan supaya memenuhi inden 2.000 unit itu.

"Target kami ialah New Jimny yang diberikan kepada orang-orang yang sangat cinta dengan Suzuki. Jadi pertama, New Jimny dipasarkan untuk konsumen yang loyal kepada Suzuki. Kedua, pemesan yang telah memiliki nomor antrean di masing-masing daerah atau (diler). Tujuannya agar mobil ini terdistribusi di seluruh Indonesia. Tak terpusat pada kota-kota besar, untuk yang punya duit banyak saja," ungkap Donny.


Menurutnya, pihaknya juga sudah memiliki data konsumen loyal Suzuki Indonesia. Data itu juga termasuk data loyal setiap diler Suzuki di seluruh Indonesia, karna jumlah inden dikelola oleh diler. Jadi diler pun juga berhak memberikan unit prioritas untuk konsumen loyalnya.

Dipasarkan di Indonesia sejak 1979, Jimny memang dikenal menjadi mobil off-road yang telah terbukti lincah dan memang tangguh mengarungi berbagai medan yang ekstrem. Disempurnakan dari beragam fitur fungsional terkini, New Suzuki Jimny ialah satu-satunya SUV yang kompak di pasar otomotif Indonesia.

"Jadi jika inden New Jimny mau cepat, harus memenuhi beberapa persyaratan itu," ungkapnya.

Kebijakan ini juga dibuat berdasarkan pengalaman Suzuki pada saat menjual secara terbatas Suzuki Jimny sebanyak 88 unit pada tahun 2017. Karena tak ada aturan mainnya, maka penjualan Suzuki Jimny saat itu sebanyak 60 persen terpusat pada Jakarta sehingga pemasarannya tak merata.

Pada tahun ini, ujar Donny, kami mau pemerataan penjualan New Jimny dan juga aksesorisnya. Jadi jika konsumen Jakarta mendapatkan 10 unit, pada kota lain seperti Banjarmasin juga dapat 10 unit. Terjadi pemerataan di sini.

New Suzuki Jimny diluncurkan bulan Juli lalu pada saat pamertan GIIAS 2019. Harga on the road (OTR) Jakarta dimulai Rp 315,5 juta untuk varian single tone yang transmisi manual (MT). Rp 317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp 328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan juga Rp 330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal). Per September, harga jual yang ada di Jakarta naik Rp 20 juta karena kenaikan BBN dan lain sebagainya.