Selain untuk belanja dan juga melihat aksi-aksi pada dunia otomotif, ajang Indonesia International Motor Show juga dijejali dengan teknologi yang dapat menjadi gambaran untuk masa depan mobil, termasuk di Indonesia.

Tiga di antaranya diperlihatkan oleh Mercedes, BMW, Honda, dan Wuling. Mercedes-Benz Indonesia, misalnya, untuk pertama kalinya mereka memperkenalkan sedan listrik Mercedes-Benz E350e.


Sedan empat pintu ini ialah produk pertama EQ (Electric Intelligence) Power yang telah diperkenalkan di Indonesia. Sistemnya plug-in Hybrid. Meski begitu, teknologinya juga memungkinkan terjadinya peningkatan tenaga hingga sampai 88 dk dan juga torsi motor listrik mencapai 440 Nm.

Bukan cuma bebas emisi, mesinnya yang dikombinasikan teknologi tranmisi 9G-TRONIC juga motor listrik generasi terbaru supaya konsumsi bahan bakar lebih optimal.

Selain Mercedes, BMW juga memperkenalkan teknologi garasi khusus mobil listrik. Garasi hasil kerja sama dengan BMW, Isatelkom, dan PT Sky Energy Indonesia Tbk ini juga punya produsen panel tenaga surya buatan Bogor yang sudah mendapatkan sertifikat ISO9001, ISO14001, OHSAS18001, CE, IEC, dan CSA.


Selain panel surya, BMW juga sudah memperkenalkan i Wallbox Plus, alat khusus yang diciptakan oleh BMW untuk pengisian kendaraan listrik. Memang bikin penasaran, garasi khusus itu disandingkan mobil listrik BMW i8.

Lain lagi dengan Wuling Motors dan juga Honda. Wuling Motors memiliki VR Experience, yaitu teknologi Virtual Reality (VR) yang dapat dimanfaatkan pengunjung supaya bisa mengenal lebih dekat Wuling Cortez sekaligus memahami fitur yang terdapat di MPV itu pada bentuk virtual.

PT Honda Prospect Motor juga menggunakan teknologi VR seperti memberikan pengalaman untuk pengunjung di kabin NSX GT3, mobil balap yang menjadi bintang di gelaran IIMS 2018.

Jika pakai NSX VR Experience ini, kita juga akan merasakan sensasi balapan di Sirkuit Suzuka, Jepang, dengan pemandangan 180 derajat. Dan ada sensasi manuver pada saat melewati tikungan ekstrem di sirkuit, juga merasakan ngebut pada kecepatan tinggi.