Perusahaan yang berasal dari China, C-Exoskeleton Technology telah mengembangkan sebuah teknologi yang sangat memudahkan orang memindah ataupun untuk mengangkat benda berat. Teknologi power suit ini juga terinspirasi dari superhero fiksi Iron Man, dan dipamerkan di Taobao Maker Festival 2019.

"Kami juga akan mengembangkan sebuah teknologi 'power suite', dimana manusia yang ingin memakainya pasti akan menjadi lebih kuat seperti Iron Man. Kami juga menggunakannya untuk dua tujuan utama, yaitu militer dan logistik," ungkap founder C-Exoskeleton Chao Wang kepada wartawan di Hangzhou, China, Kamis (12/9).

Di bidang logistik, pakaian ini juga dapat memudahkan karyawan supaya bisa memindahkan dan juga menata barang. Jika selama ini mereka hanya bisa memindahkan 300 obyek setiap harinya, dengan alat ini mereka sudah bisa mengangkat 4.000 obyek dengan gampang.

"Tentara juga dapat mengangkat peralatan yang berat, karna itu memang alat yang akan sangat berguna," katanya.

Di masa depan, alat ini juga dapat digunakan supaya bisa mempermudah penanganan bencana alam atau pemadaman kebakaran.

Power suit ini dapat berbentuk kerangka besi dengan pegas yang terpasang di kaki. Mesin utama akan menempel di rompi. Sedangkan tombol kendali berada di jari.

Chao Wang telah menceritakan, perusahaan yang ia bangun pada saat menjadi mahasiswa semester pertama. Pada tahun kedua kuliah, ia dikeluarkan dari kampus.

"Sekarang ialah tahun ke-6 saya akan mengembangkan perusahaan startup ini. Sekarang, valuasi kami lebih dari 100 juta yuan. Kami juga sangat menyukai Taobao Maker Festival karna menggabungkan teknologi dan juga seni. Kami juga dapat mempunyai nilai-nilai yang juga sama, seperti inovasi dan kreativitas," katanya.

Taobao Maker Festival (TMF) adalah hasil prakarsa dari Alibaba Group. Kegiatan tahunan ini juga akan berlangsung di Hangzhou Boiler Factory dan West Lake, Hangzhou, China. Platform kewirausahaan dan inovasi terbesar di China ini telah memasuki tahun keempat penyelenggaraan, dan sudah menjadi acara unggulan dalam ekosistem Alibaba.

Tahun ini, Taobao Maker Festival juga akan menampilkan semangat wirausaha dan inovasi dari para pedagang dan desainer, dari mana semangat ini juga ialah tren yang sedang berkembang pesat di kalangan Generasi Z dan juga konsumen muda di China.

Skala juga keberagaman produk dari TMF terus bertumbuh, begitu juga dengan kekuatannya untuk menginspirasi dan perannya menjadi platform penemuan baru untuk ekonomi Alibaba.

Di TMF 2019 setidaknya ada kurang lebih 1.000 produk baru yang telah dipamerkan.

Venue utama TMF, yakni di Hangzhou Boiler Factory, akan dibagi menjadi enam zone khusus dengan tema: budaya Tiongkok, teknologi, desain, tren, produk kreatif dan makanan.

Sementara ini, venue kedua di West Lake bisa menjadi tempat penyelenggaraan Broken Bridge Fashion Show pada tanggal 12 September, dan juga pameran warisan budaya di Solitary Hill pada tanggal 12-17 September 2019.