Bawang putih dan bawang merah ialah beberapa bahan yang sangat sering digunakan pada makanan. Keduanya ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa terlepas dari rasa lezat yang juga dimilikinya.

Sebuah penelitian yang terbaru mengungkap jika dua bahan makanan ini dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara. Temuan ini memang sungguh sangat mengejutkan untuk mengingat keduanya juga menjadi bumbu wajib untuk berbagai masakan di Indonesia.

Dilansir dari Medical Daily, dari sebuah penelitian yang terbaru telah mengungkapkan jika manfaat yang diperoleh dari konsumsi kedua makanan ini. Maka hasil temuan ini juga didapat berdasar perbandingan jumlah penyakit kanker payudara di Puerto Riko dan juga wilayah lain di Amerika Serikat.

Peneliti menganalisis manfaat kesehatan bawang putih dan juga bawang merah yang digunakan kepada sofrito, salah satu makanan pokok di Puerto Riko. Peneliti ini mengungkap jika temuan ini ialah yang pertama dilakukan di tingkat populasi dan juga melihat hubungan antara kanker payudara dengan komsumsi bawang putih dan juga bawang merah.

Puerto Riko adalah wilayah dengan konsumsi bawang merah dan juga bawang putih yang memang sangat tinggi karna sofrito. Beberapa makanan populer di wilayah ini juga dapat mengandung kedua bahan tersebut.


"Mempelajari wanita Puerto Riko yang telah mengonsumsi banyak bawang merah dan juga bawang putih sebagai sofrito yang cukup unik," kata Gauri Desai, peneliti dari University at Buffalo.

"Puerto Rico juga memiliki tingkat kanker payudara cukup rendah dibanding Amerika Serikat daratan, sehingga mereka ialah populasi penting untuk penelitian," katanya.

Wanita yang Mengonsumsi Bawang Memiliki Resiko Kanker Lebih Rendah

Untuk penelitian, Desai dan juga rekan-rekannya mengumpulkan lebih dari 600 wanita. Peneliti itu kemudian menganalisis pola makan dan juga kesehatan mereka dari tahun 2008 hingga 2014 untuk melihat bagaimana kanker payudara bisa berkembang.

Penelitian ini sudah dipublikasikan pada jurnal Nutrition and Cancer. Diketahui jika wanita yang mengonsumsi sofrito lebih dari sekali sehari memiliki risiko 67 persen cukup rendah dan mengalami kanker payudara dibanding mereka yang tidak mengonsumsi makanan ini.

"Kami juga menemukan jika di antara wanita Puerto Riko, asupan campuran dari bawang putih dan juga bawang merah termasuk sofrito, berhubungan dengan menurunnya risiko kanker payudara," kata Desai.

Kandungan Bawang mengandung Sel Antikanker

Peneliti yang mengungkapkan jika bawang putih dan bawang merah mengandung flavonols dan juga organosulfar yang secara potensial dapat menurunkan risiko kanker. Bawang putih juga mengandung alk(en)yl cysteine sulphoxida, sedangkan jika bawang merah mengandung S-allylcysteine, diallyl sulfida dan diallyl disulfida.

"Bahan ini telah menunjukkan kandungan antikarsinogenik kepada manusia, serupa dengan penelitian eksperimental pada hewan," jelas Lina Mu, peneliti yang berasal dari University at Buffalo.