Salah satu hal yang juga disarankan supaya dilakukan oleh orangtua dan anak ialah berbagi cerita. Tak perlu hal-hal yang berat, berbagi cerita ini bisa juga dilakukan pada hal-hal kecil seperti kegiatan anak dan juga orang tua sehari-hari.

Minta juga anak bercerita tentang kesibukannya pada saat di sekolah, atau saat bermain, di tempat les dan juga aktivitasnya seharian. Saling bertukar cerita ialah hal yang sangat menyenangkan untuk anak dan juga dapat memperkuat ikatan anak dan orang tua.


Tidak hanya itu, bercerita ialah proses belajar yang memang sangat penting. Otak anak juga akan distimulus untuk berbicara secara runut, mengingat kembali dengan apa yang dialami, termasuk menganalisis dengan mendalam apa yang sudah dilakukannya.


"Bercerita akan mengolah kembali semua bentuk pengalaman mereka dalam bahasa. Kemampuannya pada saat berbicara juga akan bertambah. Ini memang sangat penting dilakukan di masa golden karna akan membuat landasan kuat di tumbuh kembang dia di masa depan nya," ungkap Jovita Ferliana, M.Psi, seorang psikolog anak, yang ada di Jakarta.

Jovita juga mengungkapkan ada banyak manfaat dari saling bertukar cerita dengan  rutin.

Melatih Mengambil Keputusan

Cerita yang membantu perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, perasaan dan juga emosi anak. Secara perlahan, nantinya juga akan membantu anak untuk melatih kemampuan dengan menganalisis, termasuk pada saat mengambil keputusan.

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Melalui cerita, anak juga akan belajar banyak untuk berkomunikasi secara efektif. Bagaimana bercerita secara runut, bertanya, menanggapi, mendengarkan orang lain dan juga bakal memperkuat hubungan interpersonalnya.

Melatih Empati

Dengan menikmati cerita tentang tokoh yang sangat menarik, anak juga terlibat pada perilaku "Role-Talking" dimana dia memang akan memposisikan dirinya pada posisi tokoh dan juga membayangkan bagaimana tokoh tersebut berpikir, merasakan dan juga berperilaku.

Perkembangan Fisik dan Emosi

Bercerita memang akan membantu proses tumbuh kembang untuk sang anak yang baik untuk psikologis, perkembangan fisik, moral, sosial, dan spiritual. Hal ini juga tentu memang sangat penting untuk perkembangan anak yang juga tepat dan sempurna secara keseluruhan.

Munculkan Kepercayaan Diri

Dengan bercerita memang akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan pada dirinya. Anak juga bisa dengan gampang memberi tahu apa yang ada di pikirannya, apa yang memang disukai dan juga tidak disukai. Hal ini juga memang sangat baik supaya dia terbiasa dengan mengungkapkan pendapatnya.