Ibu Syamsunihar Hasibuan berusia (46 tahun) seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Kesehatan Kota Medan telah menjadi pemenang pertama program Daihatsu Setia 2019 area Pulau Sumatera.

Ibu Syamsunihar punya pengalaman yang sangat unik sekaligus menegangkan, pada saat membantu persalinan seorang ibu di mobil Xenia miliknya. Bermaksud mengantar sang ibu ke rumah sakit untuk persalinan, namun karna waktu tak cukup, maka Syamsunihar pun kini melalui momen yang tidak pernah terlupakan bersama Daihatsu kesayangannya, yakni membantu proses persalinan sang ibu di dalam mobilnya.

Tindakan darurat ini terpaksa dilakukan lantaran situasi dan waktu tak memungkinkan tiba di rumah sakit. Untungnya, kabin Xenia yang lebar dan juga luas dapat memudahkannya membantu persalinan sang ibu, hingga lahirlah seorang bayi dengan selamat yang bernama Tania.

"Peristiwa itu selalu dikenang," kata Syamsunihar pada keterangan persnya, Selasa (3/9).

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, menjelaskan juga dari pengalaman menegangkan tersebut mengantarkan Syamsunihar Hasibuan menjadi pemenang program Daihatsu Setia dari sekitar 6.000 peserta wilayah Sumatera. Pada tahun ini, program yang selalu dinanti karna sarat dengan apresiasi menarik bagi Sahabat Setia ini juga menawarkan hadiah yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu berupa trip ke Jepang dan juga destinasi lokal yang lagi hits di kalangan pelancong.

Selain diajak jalan-jalan ke destinasi tempat wisata favorit, para pemenang juga pasti akan dibuatkan video untuk tampil di Youtube channel atau media promosi Daihatsu lainnya.


Cara pemilihan pemenang juga berubah, yang mana tiga cerita terbaik akan diambil menjadi pemenang mewakili masing-masing area. Pemenang akan ditentukan dari keunikan pengalaman selama masa kepemilikan, juga kriteria lain seperti jumlah mobil Daihatsu yang pernah dimiliki, termasuk dari mobil yang sudah dijual.

Kami bangga Xenia bisa menjadi bagian dari kisah heroik Ibu Syam menjadi petugas Dinas Kesehatan Kota Medan, dan membantu pasiennya melahirkan di mobil Xenia dengan selamat. Xenia memang terbukti lega, kata Amelia Tjandra.

Kecintaan Ibu Syamsunihar Hasibuan kepada Daihatsu Xenia dilakoni sejak 2007. Kisah begitu inspiratif bagi banyak orang dan membuatnya tak bisa pindah ke lain hati. Dimulai dari model Xenia, Terios, dan Xenia lagi. Dari Xenia warna putih, Xenia hitam, Xenia silver hingga kembali ke Xenia hitam. Kecintaan terhadap Daihatsu hadir karna kesukaannya pada desain bodi dan interior yang sangat bagus, serta suku cadang yang mudah didapat dan juga sangat irit bahan bakar.