Pada kegiatan dan juga aktivitas sehari-hari, anda akan banyak berjalan dan juga berdiri. Baik untuk berjalan ke kamar mandi atau juga melakukan hal lainnya, aktivitas yang telah bertumpu pada kaki ini tidak bisa dihindari.

Besarnya aktivitas yang telah dilakukan seseorang ini juga dapat menyebabkan mudahnya terjadi masalah di kaki. Hal ini akan menjadi sangat terasa dan tak bisa anda kesampingkan begitu saja.

Sakit di kaki ini dapat muncul dengan berbagai bentuk. Ketika anda merasa nyeri di tumit atau juga telapak kaki ini, maka rasa sakit yang anda alami ini dikenal dengan nama plantar fascitis.

Plantar fascitis ialah peradangan yang terjadi pada plantar fascia, kelompok jaringan yang menyambung dari tumit hingga ke ujung jempol kaki. Masalah ini ialah penyebab dari utama sakit di kaki dan juga bisa disebabkan dari berbagai hal.

Salah satu penyebab dari rasa sakit ini ialah karna alas kaki yang telah digunakan. Sol yang juga keras dan datar dapat menyebabkan munculnya rasa tegang di telapak kaki ketika kamu membawa beban.

Sakit pada betis, harmstrings, juga jari-jari kaki dapat menjadi penyebab dari rasa sakit ini. Seluruh otot di bagian kaki pada dasarnya berhubungan dan juga dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bagian lain.

Untuk mencegah dan juga menghilangkan rasa sakit ini, ada beberapa hal yan bisa menjadi penyebabnya. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan juga menghilangkan rasa sakit.

Letakkan Bola di Bawah Kaki

Gunakan bola tenis ataupun botol air minum yang juga memiliki isi pada bagian bawah kakimu. Letakkan di telapak kaki, tepatnya di bagian melengkung dan juga gulirkan kaki di atas bola atau juga botol maju dan mundur sekitar satu hingga dua menit pada setiap hari.

Letakkan Foam Roller di Betis

Gunakan foam roller di kaki bagian bawah dan juga beri beban di otot betis dengan mengangkat pinggul. Lakukan hal ini dengan waktu sampai tiga atau empat menit pada setiap hari dari sudut yang berbeda. Pastikan telah melakukannya secara menyeluruh di otot perut.

Renggangkan Jempol

Renggangkan jempol dengan cara vertikal menghadap tembok. Tekuk kaki dan juga renggangkan selama dua hingga tiga set yang terdiri dari 30 detik.

Ganti Sepatu

Masukkan bantalan tambahan di sepatu yang anda gunakan sehari-hari. Kamu juga dapat melakukan hal ini atau beli sepatu baru yang bisa memberi sokongan cukup baik pada telapak kaki.

Perkuat Pinggul

Untuk mencegah masalah ini, anda dapat memperkuat pinggul supaya terhindar dari sakit di kaki. Hal ini juga bisa memperkecil beban dari bagian plantar fascia.

Jika anda menggabungkan dan juga melakukan seluruh hal tersebut, maka anda bisa terhindar dari rasa sakit di telapak kaki. Jika tak ada masalah di telapak kaki, aktivitas sehari-hari yang anda lakukan akan cukup nyaman.