Jepang kini akan melakukan penobatan kepada Kaisar ke-126, Naruhito. di malam upacara penobatannya itu Naruhito juga akan menggunakan satu-satunya generasi ketiga Toyota Century yang dibuat khusus untuk acara ini.

Toyota Century keluaran yang terbaru diperkenalkan pada tahun 2018 dan tidak diragukan lagi ialah salah satu mobil Jepang yang sangat mewah yang juga pernah dibuat.

Model yang dibangun untuk Kaisar Naruhito menggunakan kursi belakang khusus yang agak tinggi dari standarnya. Lambang emas di bagian luar mobil itu menjadi pengingat bahwa dia dilahirkan dengan royalitas.


Toyota menjelaskan mereka memilih Century karna memenuhi semua indikator. Mobil harus dibuat di Jepang, megah, besar, aman, dan kuat.

Generasi satu ini tidak lagi mengusung mesin V12 seperti pendahulunya atas alasan perampingan. Mobil satu ini juga menggunakan mesin V8 5.0 liter yang juga terdapat di beberapa jajaran model Lexus. Mesin tersebut dikawinkan dengam powertrain hybrid 425hp.


Toyota Century akan segera mengangkut Kaisar Naruhito dari Istana Kekaisaran ke Istana Akasaka pada 22 Oktober. Perjalanan 4,5 km itu diperkirakan akan memakan waktu sampai 30 menit. Memang waktu yang sangat lama untuk jarak sedekat itu, namun pengemudi juga harus menjaga kecepatan konvoi supaya penonton bisa melihat kaisar dengan baik. Itu sebabnya kursi belakang agak tinggi.

Toyota Century convertible dibangun khusus untuk upacara penobatan, dan kaisar tak diperbolehkan menggunakannya secara rutin.