Ketika anda terdiam dan juga tiba-tiba mengalami perasaan panik, ketakutan dna kecemasan akan mencengkeram dirimu. Kamu akan mengalami rasa sesak di dada, jantung yang berdetak, dan kesulitan bernapas, juga keringat yang bisa mengucur deras.

Panic attack ialah sebuah gejala yang memang menyerang secara fisik dan juga psikologis. Gejala ini bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas dan juga bisa membuat orang yang mengalaminya akan sangat ketakutan.

Seseorang yang juga mengalami serangan panik biasanya mengalami perasaan teror dan juga ketakutan yang tanpa penyebab serta akan terjadi pada waktu beberapa menit. Ketika hal ini akan terjadi, seseorang akan merasa seperti mengalami serangan jantung yang memang sangat menakutkan untuk mereka.

Gejala serangan panik pada tiap-tiap orang dapat berbeda tapi pada saat terjadi dengan parah, anda mungkin mengiranya menjadi serangan jantung. Masalah ini bahkan juga disertai nyeri di dada yang juga membuatnya memang akan semakin menakutkan.

Ketika serangan panik menyerangmu secara seketika, maka ada sejumlah hal yang dapat kamu lakukan. Dilansir dari The Health Site, berikut ini sejumlah cara seketika yang dapat anda lakukan untuk mengatasi serangan panik.


Ketika serangan panic padamu secara seketika, tarik napas dalam-dalam karna hal tersebut dapat meringankan masalahmu. Hal ini juga dapat mencegah serangan panik menjadi memburuk atau terjadinya hyperventilasi.

Tarik napas dengan dalam-dalam ketika kamu menarik napas. Tahan selama beberapa detik sebelum ingin mengembuskannya kembali. Ulangi cara ini sampai kamu merasa lebih baik.

Kenali Jika Itu Bukan Serangan Jantung

Dengan memahami jika yang kamu alami ialah serangan panik dan bukan serangan jantung, maka anda bisa sedikit meredakan masalah yang terjadi. Ketika kamu mengetahui jika yang kamu alami ialah serangan panik, maka ketakutan yang kamu alami akan sedikit berkurang.

Pejamkan Mata

Pada saat mengalami kondisi ini, sangat penting untuk kita menjaga pikiranmu supaya tenang. Pada saat kamu berada di tempat yang banyak aktivitas, pejamkan matamu untuk menenangkan diri. Hal ini juga dapat menangkal berbagai stimuli dari luar yang mungkin akan membuatmu panik sehingga anda bisa lebih fokus bernapas.

Cari Titik Fokus

Jangan berpikir terlalu banyak pada saat kamu mengalami serangan panik. Cari satu obyek di sekitarmu untuk menjadi titik fokus. Hal ini juga apa saja mulai jam atau gerakan pendulum. Pikirkan berbagai hal tentang obyek tersebut mulai dari pola, warna, bahan, bentuk, dan juga lain sebagainya.


Beri satu gambaran tempat di dalam kepalamu untuk membantumu menjadi tenang. Pastikan untuk mengingat segala hal mengenai tempat tersebut dan juga pastikan benar-benar tempat yang membuatmu tenang. Ingat berbagai detailnya seperti udara, bau, lingkungan, dan lain sebagainya.

Sejumlah cara tersebut dapat membantu meringankan serangan panik yang juga datang secara seketika. Pastikan untuk melakukan hal itu supaya serangan panik yang anda alami tak jadi semakin buruk.