Asam urat memang  disangka orang banyak ialah penyakit, padahal hal ini ialah kandungan alami 
yang dimiliki oleh tubuh. Asam urat ini muncul dari dicernanya kandungan bernama purin pada tubuh.

Purin ini juga berasal dari makanan tertentu seperti daging dan polong-polongan. Senyawa ini juga dibentuk dari tubuh secara alami untuk kemudian bisa dicerna kembali. Keluarnya asam urat dari tubuh ini dilakukan melalui mekanisme alami melalui ginjal dan juga air seni.


Ketika purin pada jumlah besar di dalam tubuh tak dicerna dan keluar, level asam urat pada darah akan meningkat. Hal ini juga dapat berujung radang dan nyeri sendi serta membuat kadar darah dan urin di dalam diri dan juga terlalu berasam.

Ada beberapa jumlah hal yang dapat menjadi penyebab adanya masalah asam urat ini. Beberapa alasan utama masalah ini meliputi gen, stres, pola makan, serta obesitas. Sejumlah penyakit juga obat yang anda konsumsi juga dapat menjadi penyebab tingginya asam urat.

Untuk mengatasi masalah ini, ada sejumlah makanan yang dapat anda konsumsi untuk mengontrol kadar asam urat. Dilansir dari The Health Site, berikut ini sejumlah makanan yang dapat menjaga kadar asam urat milikmu akan tetap aman.

Apel

Apel ialah salah satu buah yang sangat menyehatkan. Keberadaan asam malat pada buah ini bisa membantu menetralkan asam urat di darah. Konsumsi buah ini juga sangat baik dalam bentuk utuh maupun cuka apel juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan juga meringankan asam urat di darah.


Cherri memiliki kandungan anti peradangan yang bisa mengatasi masalah yang ditimbulkan asam urat. Buah ini dapat mampu mencegah kristalisasi asam urat dan juga terkumpulnya asam urat di persendian. Oleh karna itu, buah ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah asam urat.

Air Putih

Air putih ialah obat alami untuk banyak penyakit yang bisa anda alami. Air putih bisa menghilangkan racun keluar dari tubuh termasuk asam urat dari aliran darah. Konsumsi air pada jumlah yang banyak dapat mengusir dan mencegah terjadinya masalah asam urat ini.

Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat dapat menyerap asam urat dari darah dan juga bisa menghilangkan kadar berlebih melalui ginjal. Untuk menghindari masalah pada asam urat ini, konsumsi makanan tinggi serat seperti brokoli, berri-berrian, mentimun, wortel, atau seledri.

Jeruk

Vitamin C yang dapat membantu disintegrasi dari asam urat dan juga membuatnya lebih gampang dikeluarkan dari tubuh. Hal ini dapat menjadi cara gampang untuk mengontrol kadar asam urat dengan mudah dan juga lezat.

Sejumlah makanan dan minuman dapat menjadi cara yang memang sangat efektif untuk mengatasi masalah asam urat. Tapi pada saat masalah asam urat yang anda alami sudah cukup parah dan lama, sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter untuk menangani masalah ini.