Perusahaan pesawat terbang Boeing kini lagi menggandeng perusahaan otomotif Porsche untuk menggarap proyek dari mobil terbang berbasis listrik. Mobil futuristik ini memang diharapkan bisa menjadi moda transportasi di area urban.

Mengutip dari Reuters via Tekno Liputan6.com, menjadi bagian dari kesepakatan ini, Boeing dan juga Porsche memang akan terus menganalisis potensi pasar untuk kendaraan udara premium dan juga kemungkinan besar penggunaannya di kota-kota dan metropolis padat penduduk.

"Porsche memang ingin meningkatkan ruang lingkupnya menjadi produsen mobil sport dengan menjadi merek terkemuka untuk mobilitas premium. Pada jangka panjang, ini juga bisa berarti pindah ke dimensi perjalanan ketiga," ungkap Detlev von Platen, Anggota Dewan Eksekutif untuk Penjualan dan Pemasaran di Porsche AG, dikutip keterangan resmi dari perusahaan.


Boeing, Porsche, dan anak perusahaan Boeing, Aurora Flight Sciences, mengembangkan proyek mobil terbang listrik berkemampuan lepas landas dan juga pendaratan vertikal.

Insinyur dari kedua perusahaan, juga anak perusahaan Porsche, Porsche Engineering Services GmbH dan Studio F. Porsche, memang akan menerapkan dan juga menguji prototipenya.


"Kolaborasi ini juga akan dibangun berdasarkan upaya kami untuk mengembangkan ekosistem mobilitas baru yang aman dan juga efisien, dan memang akan memberikan kesempatan untuk menyelidiki pengembangan kendaraan mobilitas udara perkotaan premium dengan merek otomotif yang terkemuka," ungkap Steve Nordlund, Wakil Presiden dan Manajer Umum Boeing NeXt.

Porsche dan Boeing, lanjut Steve, "Bersama-sama telah membawa rekayasa presisi, gaya dan juga inovasi untuk mempercepat mobilitas udara perkotaan di seluruh dunia."

Adapun juga tujuan dari Porsche ialah membangun mobil terbang yang bisa digunakan menjadi taksi dan juga transportasi berbasis ride sharing.