Sistem endokrin tubuh manusia bekerja berdasarkan distribusi hormon di dalamnya. Kurang atau tidak stabilnya hormon juga dapat berujung dengan komplikasi kesehatan.

Ada beberapa masalah kesehatan yang terjadi dipicu karna masalah hormon ini. Beberapa masalah kesehatan yang juga mungkin anda alami karna hormon ialah kecemasan kronis, obesitas, rambut rontok, dan ketidaksuburan.

Hormon ialah kandungan kimia alami yang juga diproduksi oleh tubuh untuk memastikan nya bisa berfungsi secara normal. Insulin pada tubuh bisa membatasi tingkat gula darah pada tubuh. Estrogen berguna untuk mengembangkan karakteristik seksual pada tubuh.

Sejumlah hormon juga dapat bermanfaat untuk mengatur energi, mood, berat badan, juga perkembangan kesuburan, rambut, serta masalah kecemasan. Dan Memiliki jumlah hormon yang memang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu.


Untuk menyeimbangkan kadar hormon pada tubuh, kamu juga dapat melakukan sejumlah cara terutama secara alami. Dilansir dari The Health Site, berikut ini sejumlah cara alami supaya menyeimbangkan hormon pada tubuh.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang tak sehat dapat mengganggu sistem endokrin pada tubuh. Untuk memastikan kadar hormon anda dalam jumlah seimbang, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan protein.

Selain ini, anda disarankan untuk berhenti mengonsumsi karbohidrat juga gula berlebih. Pastikan makanan yang anda konsumsi juga memang kaya dengan kandungan antioksidan.

Makan dalam Jumlah yang Tepat

Makan terlalu sedikit atau juga terlalu banyak dapat menyebabkan hormon pada  tubuhmu tak stabil. Selain kurang nutrisi, pengaturan berat badan yang tak efisien juga dapat menyebabkan perubahan hormonal.

Makan terlalu sedikit atau banyak dapat mengakibatkan masalah metabolisme juga meningkatkan insulin dan kortisol pada tubuh. Oleh karna itu, sangat penting supaya menjaga jumlah kalori yang tepat pada tubuh.

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin dapat menimbulkan sejumlah dampak positif untuk kesehatan dan kebugaranmu. Salah satu hal yang dapat anda peroleh ialah meningkatnya aliran darah.

Untuk meningkatkan aliran darah ini, tubuh akan meningkatkan produksi hormon anti peradangan. Olahraga seperti latihan kekuatan, aerobik, dan juga ketahanan dapat bermanfaat meningkatkan hormon.

Mengatur Stres

Ketika tubuh berada pada tekanan, produksi hormon akan mengalami masalah. Tingkat hormon seperti kortisol dan adrenalin yang dapat melawan penyakit menjadi terganggu pada saat dalam tekanan.

Gaya hidup yang memang sibuk juga masalah kesehatan yang dimiliki dapat meningkatkan stres. Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah meditasi, aromaterapi, yoga, atau olahraga supaya menyeimbangkan hormon.

Tidur yang Cukup

Ketika kita tidur, tubuh akan menghilangkan racun melalui sejumlah hormon pada tubuh. Pada saat tubuh kurang tidur, produksi hormon juga akan ikut terganggu.

Pola tidur yang tidak seimbang dapat membingungkan tubuh dan juga menyebabkan bahaya potensial pada produksi hormon. Oleh karna itu, untuk menjaga kestabilan hormon pada tubuh, tidur yang lebih penting untuk dilakukan.