Konsumsi sayuran adalah salah satu cara gampang dan tepat supaya bisa menjaga kesehatan tubuh. Salah satu sayuran yang juga disarankan untuk dikonsumsi ialah Labu siam.

Labu siam adalah makanan yang sudah tak asing lagi dikonsumsi untuk beragam daerah di Indonesia. Banyak yang juga mengonsumsinya pada bentuk masakan tertentu, namun tak jarang yang hanya untuk merebusnya saja.

Sayur ini adalah makanan yang memang sebaiknya anda konsumsi dengan rutin supaya mendapat manfaat kesehatannya. Terutama karna gampang didapat dan juga harganya memang sangat terjangkau.

Makanan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil hingga melindungi dari masalah jantung. Dilansir dari Healhtatoz, berikut sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi labu siam.


Labu siam juga memiliki kandungan kalori, kolesterol, serta lemak jenuh yang memang sangat rendah di dalamnya. Sayur ini juga adalah sumber serat yang memang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah Yang Tinggi

Labu siam juga disebut bisa membantu mengontrol tekanan darah. Tingginya kadar kalium pada sayur ini bisa membantu menyeimbangkan efek natrium yang juga dapat mencegah hipertensi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, kandungan homosistein yang memang berlebihan pada darah bisa meningkatkan resiko stroke dan juga penyakit jantung. Labu Siam memiliki kandungan yang sangat tepat untuk mencegah masalah itu karna kandungan folat di dalamnya.

Antioksidan

Labu siam merupakan sumber vitamin C yang memang bertindak menjadi antioksidan yang kuat. Antioksidan ialah zat yang bisa membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan dari radikal bebas.

Baik untuk Ibu Hamil

Vitamin B9 (asam folat) adalah salah satu kandungan terbaik dari labu siam dan memang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Studi yang menunjukkan jika kekurangan vitamin B9 bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan untuk bayi, misalnya, malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf, juga masalah jantung.


Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa membuat seseorang menderita anemia. Labu siam ialah sumber yang tepat untuk senyawa tersebut, yang bisa merangsang produksi sel darah merah dan juga kadar hemoglobin.

Sejumlah manfaat luar biasa dari labu siam yakni bisa sangat bermanfaat untuk kesehatanmu. Oleh karna itu, sebaiknya konsumsi sayur ini secara rutin supaya meningkatkan kesehatanmu.