Salah satu kandungan yang juga biasa disebut berada di dalam minuman kesehatan ialah elektrolit. Kandungan ini juga dipercaya dapat mengganti mineral yang hilang karna berkeringat.

Selain pada bentuk minuman, elektrolit ini juga biasanya juga terdapat dalam bentuk tablet. Penggunaan minuman ini menjadi minuman olahraga yang sudah menjadi kebiasaan untuk banyak orang.


Pada beberapa orang, minuman berelektrolit ini tidak hanya digunakan menjadi minuman pendamping air putih semata. Tapi minuman ini juga bahkan telah menjadi pengganti air putih. Sebenarnya, apakah minum air putih saja tak cukup supaya memenuhi kebutuhan tubuh?

Dilansir dari Times of India, elektrolit sendiri juga sebenarnya sangat cukup penting untuk organ, sel, dan juga keseluruhan sistem tubuh supaya berfungsi dengan tepat. Pada dasarnya, elektrolit ini ialah mineral bermuatan listrik yang memberi energi kepada tubuh untuk bekerja dengan tepat.


Keberadaan elektrolit ini memang sangat penting untuk mempertahankan netralitas saluran energi di sel, regenerasi sel, juga membuat jantung, ginjal, otak, dan otot tetap sehat. Jika elektrolit ini sebagian besar didapat dari makanan dan juga minuman, jumlah tepatnya hanya bisa diukur dengan tes darah. Menjaga jumlah yang memang tepat sangat penting dilakukan supaya menghindari masalah kesehatan serius.

Apakah Penting untuk Mengonsumsi Suplemen Elektrolit?

Untuk mengetahui apakah anda membutuhkan tambahan elektrolit atau tidak, memang sangat dipengaruhi dari seberapa banyak kamu berkeringat. Munculnya keringat yang berlebih dapat membuatmu merasa mual dan juga bahkan ada beberapa kasus yang berdampak fatal.

Untuk mengonsumsi elektrolit ini, sangat penting untukmu mengetahui jika terlebih dahulu cara konsumsi serta dosis yang tepat. Selama kamu tidak memiliki masalah ginjal atau jantung, konsumsi elektrolit memang masih boleh kamu lakukan. Di samping untuk memenuhi kebutuhan mineral yang hilang, elektrolit bisa membantu menyerap air kepada sistem tubuh kita.

Elektrolit vs Air

Air minum ialah kebutuhan penting untuk kesehatan dan juga cara yang sangat tepat untuk membuat kita terhidrasi. Tapi ketika kamu mengganti air dengan elektrolit, maka hal ini juga bisa kamu lakukan.

Ketika kamu berolahraga sangat berat, dibanding minum air putih, konsumsi elektrolit ialah pilihan terbaik. Kandungan mineral yang memang berbeda pada elektrolit juga dapat bekerja untuk tubuh dan dapat meningkatkan efisiensinya.

Jumlah tepat elektrolit pada tubuh juga bisa membuatmu tetap merasa berenergi, bugar, dan bisa berkonsentrasi dengan cukup baik. Dilansir dari Mayo Clinic, konsumsi elektrolit dengan setiap hari dapat membuatmu merasa sehat dan juga berenergi.

Hal yang Perlu anda Perhatikan

Ketika mengonsumsi minuman berelektrolit, selalu perhatikan dari label yang menempel. Perhatikan juga kadar gula yang ada di minuman elektrolit yang anda konsumsi.

Sebagian suplemen elektrolit bebas gula hingga tak efisien. Sodium juga membutuhkan sejumlah gula supaya dapat terserap pada sistem tubuh hingga sedikitnya juga harus terdapat kandungan tersebut pada minumanmu.

Apakah Suplemen Elektrolit Alami juga Efektif?

Selain berupa minuman kesehatan, elektrolit juga dapat diperoleh dari sejumlah bahan alami. Salah satu yang paling gampang ditemui ialah pada air kelapa.

Air kelapa ini ialah sumber yang sangat tepat untuk memenuhi asupan air kepada tubuh. Hanya saja kamu harus berhati-hati, pasalnya air kelapa juga ada mengandung potassium dan tidak memiliki sodium di dalamnya. Kandungan sodium ini ialah sangat penting untuk menjaga asupan cairan tubuh.