Pabrikan sepeda motor nomor satu di Indonesia ini, PT Astra Honda Motor (AHM), kabarnya yang menyiapkan model terbaru ke pasar. Kemungkinan juga besar ada model itu ialah Honda Zoomer.

Karena model Honda Zoomer telah tercatat di situs resmi Samsat DKI Jakarta, artinya AHM yang mendaftarkan skuter itu memang untuk dijual ke pasar.

Dari situs resmi itu, Zoomer juga memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp 29,3 juta.

Zoomer ialah skutik Honda yang telah dijual di Thailand. Bicara soal desain, Zoomer yang memiliki desain yang unik. Bagian depannya memang mirip-mirip naked-bike dengan headlight dengan suspensi up side-down dan juga setang naked.


Di Thailand, Honda Zoomer mengandalkan mesin yang sama dengan Honda Beat series, yaitu mesin 1-silinder 108,2 cc bertenaga 8,7 hp dan torsi 9,3 Nm.

Jadi kapan Honda Zoomer akan diluncurkan ke pasar Indonesia?

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, dimintai tanggapannya untuk kepastian rencana pemasaran Honda Zoomer di Indonesia.

Di sela acara Honda Dream Cup 2019 pada Sirkuit Stadion Kanjuruhan Malang, Surabaya, Inuma hanya bisa tertawa lebar mendapat pertanyaan soal Honda Zoomer.

"Saya tentu tidak bisa bilang model-model baru kami yang akan segera diluncurkan ke pasar. Tapi memang Honda Indonesia yang selalu mendatangkan motor-motor baru untuk masyarakat Indonesia. Soal Honda Zoomer, saya belum bisa mengatakannya," kata Inuma, kemarin.


Menurutnya, informasi produk baru dan juga waktu peluncurannya tidak bisa diinformasikan pada saat ini. Maka itu, ia pun hanya tersenyum saat ditanya apakah Zoomer akan diluncurkan di semester II tahun ini atau tahun depan.

Soal Zoomer sudah teregistrasi di kepolisian atau Samsat DKI Jakarta, kata Inuma, "Saya tidak tahu sudah terdaftar."

Berdasarkan situs Samsat DKI Jakarta, Honda Zoomer memiliki NJKB Rp 29,3 juta. Berarti Zoomer leh mahal dari Honda Monkey yang memiliki NJKB Rp 21 jutaan.