Salah satu hal yang kini menjadi penyebab munculnya masalah untuk orang pada saat ini ialah smartphone. Penggunaan smartphone sudah membuat seseorang pada saat ini menjadi sangat kecanduan dengan benda yang mungil ini.

Sejumlah penelitian mengungkap masalah kesehatan mengenai dari penggunaan smartphone ini. Mulai dari masalah pada mental juga sejumlah bagian tubuh seperti leher dihubungkan dengan penggunaan ponsel ini.

Ketergantungan seseorang karena ponsel ini sudah menyebabkan banyak orang tak bisa lepas dari penggunaannya. Dilansir dari Her, perasaan takut kehilangan ponsel ini juga memiliki suatu istilah sendiri yakni nomophobia.


Berdasarkan sebuah penelitian, 53 persen orang pada saat ini mengalami ketakutan jauh dari ponsel. Jauh dari ponsel ini juga dapat disebabkan karna habisnya baterai atau juga karena ketinggalan.

Sebuah survei yang dilakukan dari True Solicitors menunjukkan jika sebagian besar orang tak bisa jauh dari handphone mereka tanpa adanya rasa cemas. Salah satu partisipan penelitian bernama Nicki mengatakan jika dia tidak bisa jauh dari ponsel karna menjalankan bisnis melaluinya.

Masalah Lain Berupa Postur Buruk

"Saya juga buruk dengan ponsel, tapi sayangnya saya menjalankan 90 persen bisnis melaluinya," terang Nicki.

"Teman dan keluarga sering marah pada saat ponselku mati, sehingga aku jarang mematikannya. Setidaknya setelah jam 5 sore hingga anakku tidur sekitar setengah 8, tapi sungguh sulit untuk dilakukan sekarang," katanya.

Selain nomophobia, masalah lain yang banyak anda alami ialah masalah punggung serius. Hal ini dialami karena postur tubuh yang cenderung membungkuk saat menggunakan ponsel sehari-hari.

Mengingat sejumlah masalah yang akan anda alami dari penggunaan ponsel ini secara berlebih, sebaiknya hindari penggunaannya secara berlebih. Batasi waktu dari penggunaanya dan bisa membuatmu terhindar dari sejumlah masalah.