Tepat pada hari ini, 15 tahun lalu, Lionel Messi juga menampakkan dirinya di ajang La Liga bersama Barca. Espanyol menjadi lawan pertama pria yang berasal dari Argentina itu.

Pertandingan itu berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2004 di Espanyol de Barcelona (atau dikenal dengan sebutan RCDE Stadium). Barca, yang pada saat ini diasuh oleh Frank Rijkaard, berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0.

Messi yang masih berusia 17 tahun pada saat ini tak langsung diturunkan sebagai starter. Dia baru menampakkan batang hidungnya pada saatmenggantikan Deco di menit ke-82.

Minimnya waktu untuk berkreasi membuat Lionel Messi tidak bisa memberikan kontribusi yang nyata di laga tersebut. Gol semata wayang Los Cules diciptakan dari Deco yang menerima operan dari Samuel Eto'o di menit kesembilan.


Semenjak saat ini, Lionel Messi menjadi pemain utama Barcelona dan juga nyaris tidak pernah terpinggirkan dari starting XI. Sampai pada saat ini, dia juga sudah bermain dalam 455 pertandingan di ajang La Liga dengan koleksi 420 gol dan 163 assist.


Dengan umurnya yang masih berusia 17 tahun, tiga bulan, dan 22 hari, Lionel Messi langsung membukukan rekor baru. Dia menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk Barcelona pada kompetisi resmi Spanyol pada waktu itu.

Gol pertamanya di level senior tercipta pada bulan Mei 2005, tepatnya saat Barcelona bertemu Albacete. Umpan dari Ronaldinho kemudian membuatnya kembali membukukan rekor anyar, yakni sebagai pencetak gol termuda Barcelona kala itu.

Barcelona sadar akan potensi Lionel Messi yang masih berusia 18 tahun pada waktu itu. Pada akhir musim 2004-2005, mereka langsung mengikat Messi dengan kontrak berdurasi lima tahun dengan klausul pembelian senilai 150 juta euro.

"Saya tidak pernah melihat pemain dengan kualitas serta kepribadian seperti itu di umur yang sangat muda, terlebih lagi saat mengenakan baju yang 'berat' dari salah satu klub terhebat di dunia," kata Fabio Capello yang saat itu melatih Juventus setelah menghadapi Barca pada laga Joan Gamper Trophy, bulan Agustus 2005.

Melegenda

Performanya yang baik menghasilkan 10 gelar La Liga. Selain ini, dia juga sukses mempersembahkan 24 trofi dari berbagai kompetisi. Empat di antaranya memang berasal dari ajang bergengsi Eropa, Liga Champions.

Tak hanya itu, secara individu, Lionel Messi telah berhasil mengantongi lima trofi Ballon d'Or yang diraih pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan juga 2015. Tak ada satupun pemain yang mampu menyamai torehannya itu kecuali sang rival abadi, yakni Cristiano Ronaldo.

Pada musim ini, Messi juga sedang berupaya untuk membawa Barcelona kembali duduk di takhta tertinggi La Liga. Mereka juga sedang menempati posisi kedua dengan raihan 16 poin, terpaut sebanyak dua angka dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen.

Dia sempat mengalami serangkaian permasalahan cedera. Tanpa ada dirinya, Barcelona yang sedang diasuh Ernesto Valverde tersebut beberapa kali sudah gagal mendapatkan poin penuh. Kegagalan itu datang dari sejumlah pertandingan yang memang seharusnya dapat dimenangkan dengan gampang.

Salah satu contohnya terjadi di laga pekan perdana La Liga kontra Athletic Bilbao bulan Agustus lalu. Tanpa kehadiran Messi yang sedang mengalami cedera, mereka bisa tumbang dengan skor tipis 0-1 oleh gol yang dicetak pada menit ke-89.

Kini Messi sudah kembali bugar. Dia ikut tampil juga pada saat sembilan pemain Los Cules melibas Sevilla dengan empat gol di ajang La Liga pekan lalu. Bahkan, pria berusia 32 tahun ini turut membubuhkan namanya pada papan skor bersama Luis Suarez, Arturo Vidal, dan Ousmane Dembele.