Bersendawa ialah sebuah hal yang juga biasa terjadi ketika jika baru siap makan atau memang masuk angin. Hal ini juga sebenarnya sangat normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Tapi, pada beberapa kondisi seseorang juga sering mengalami sendawa terus-menerus secara berlebih. Hal ini juga tentu sangat dikhawatirkan karna bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan.

Pada normalnya, sendawa juga biasanya terjadi pada saat udara pada tubuh berjumlah banyak. Tapi ketika hal ini terjadi berkali-kali, maka akan menjadi tidak nyaman.



Dilansir dari HealthXchange, ada dua penyebab utama dari terjadinya sendawa ini. Hal ini ialah udara berlebih pada perut serta masalah pencernaan yang telah terjadi.

Udara Berlebih

Minum atau Makan secara cepat dapat menyebabkan anda menelan terlalu banyak udara. Sendawa ialah cara untuk melepaskan udara berlebih ini.

Beberapa hal lain juga dapat menjadi penyebab masuknya udara dengan cara yang berlebih ke dalam perut. Mengisap permen, minum melalui sedotan juga mengunyah permen karet dan penggunaan gigi palsu yang longgar dapat menyebabkan masuknya udara secara berlebih.

Sendawa juga dapat dialami oleh seseorang yang mengalami heartburn dan asam lambung. Sendawa terjadi supaya mengeluarkan udara yang berlebih pada perut atau dada.


Masalah Pencernaan

Sendawa secara terus dapat menjadi tanda adanya masalah pencernaan yang juga membutuhkan penanganan medis. Beberapa masalah yang seperti gastroparesis, tukak lambung, batu empedu, ataupun bahkan kanker perut dapat menjadi penyebab sendawa secara berlebih.

Masalah ini sebenarnya tidak begitu berbahaya, tapi ketika diikuti sejumlah gejala lain maka bisa sangat berbahaya. Gejala seperti mual, sakit, buang air berdarah, susutnya berat badan, ataupun demam menjadi tanda jika anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Sendawa Terus-Menerus
- Makan dan juga minum secara perlahan
- Hindari bicara yang sambil mengunyah permen karet
- Hindari menyesap permen yang terlalu keras
- Kurangi konsumsi minuman bersoda dan juga alkohol karna bias melepaskan karbon dioksia yang memperparah sendawa
- Jangan minum menggunakan sedotan
- Berhenti Merokok
- Jika menggunakan gigi palsu, periksa apakah sudah benar-benar pas
- Hindari stres yang berlebih

Sejumlah hal itu bisa kamu lakukan atau hindari untuk bias terhindar dari masalah sendawa terus-menerus. Tapi ketika masalah ini terjadi pada waktu yang lama, sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter.